Komentar Shin Tae-yong setelah Timnas melawan Australia

Foto: AFC

Shin Tae-yong memberikan komentar kepada media dalam konferensi pers setelah Timnas kalah 4-0 dari Australia di 16 besar Piala Asia AFC 2023 pada Minggu (28/1/2024) di Jassim bin Hamad Stadium Al Rayyan Qatar.

Pertanyaan media AFC mengenai pertandingan.
Pertama-tama selamat untuk Australia, terima kasih atas pertandingannya, kami belajar banyak hari ini.

Sejujurnya jika saya menilai kinerja tim kami, pertandingan hari ini adalah permainan terbaik di antara empat pertandingan kami selama Piala Asia.

Sayangnya kami kemasukan gol pertama karena ada perubahan arah bola dari pertahanan kami sendiri. Andai kami tidak kebobolan gol tidak sengaja itu, keseluruhan pertandingan akan berbeda.

Dalam konteks permainan kami benar-benar tidak bermain buruk. Itu sangat disayangkan sekali. Terlepas dari kemasukan empat gol, saya ingin mengucapkan terima kasih kepada para pemain saya. Saya sangat senang dengan penampilan tim hari ini.

Pertanyaan media dari Australia. Apa rahasianya sehingga bisa membuat Australia kerepotan.
Seperti yang saya sebutkan sebelumnya, saya rasa kami tidak kalah dalam hal permainan.

Salah satu alasannya adalah para pemain melakukannya dengan baik. Saya hanya memberikan instruksi kepada para pemain mengenai cara bermain dan mereka mengikuti instruksi saya dengan sangat baik.

Kami kalah dari Australia karena ada perbedaan pengalaman dan konsentrasi, tapi suatu hari nanti kami akan bermain di level yang sama dengan Australia.

Pertanyaan media dari Indonesia. Apa yang perlu dilakukan klub dan liga di Indonesia untuk lebih berkembang dan bisa membantu Timnas bisa lebih baik di level Asia.
Saya cukup puas dengan peran PSSI dan juga dukungan PSSI. Saya berkali-kali menyebutkan bahwa Liga Indonesia harus lebih kuat, sebab dengan kualitas liga yang bagus itu akan berkontribusi besar untuk meningkatkan kualitas Timnas. Jadi itu yang sangat diperlukan.

Foto: PSSI

Pertanyaan media dari Australia. Kenapa menginstruksikan untuk melakukan press begitu tinggi ke Australia?
Menurut saya sepak bola adalah untuk menang, kita bermain sepak bola untuk menang.

Menurut saya dengan tekanan yang tinggi kemungkinan untuk mendapatkan peluang mencetak gol menjadi lebih besar. Dengan demikian kami bisa menguasai bola. Namun, kami kemudian kebobolan. Tim Australia dan pelatihnya memiliki pengalaman yang lebih baik.

Pertanyaan media dari Asia, apa alasan kunci di balik kemajuan Timnas? Apa target berikut Timnas?
Menurut saya salah satu alasannya adalah para pemain melakukannya dengan baik, Mereka mempercayai saya sebagai pelatih kepala dan mereka mengikuti pedoman, instruksi, dan lain-lain dari saya, dan juga PSSI mendukung. Saya ucapkan terima kasih kepada PSSI.

Target selanjutnya adalah kami ingin lolos ke babak ketiga Kualifikasi Piala Dunia 2026. Pada dua pertandingan pertama babak kedua Kualifikasi Piala Dunia 2026 di Irak dan Filipina, kami kalah dan seri, jadi pada Maret mendatang (melawan Vietnam) kami harus menang.

Sumber: Rilis media PSSI

error: Content is protected !!