Pertemuan Timnas kelompok usia melawan negara Afrika (Timnas U21-2)

Aples Tecuari (bawah ketiga dari kanan) menembus Timnas senior pada 1993. Foto: Majalah Sportif

Beberapa catatan pertemuan dari Timnas Indonesia kelompok usia melawan negara Afrika sejak tahun 1990. Berikut hasil dari Timnas U21.

Pada tahun 1993, setelah Ivan Toplak menjadi pelatih Indonesia, PSSI membentuk Timnas U21 untuk tampil di Turnamen Merdeka di Malaysia.

Pada pertandingan pertama Timnas U21 bertemu Ghana. Pasukan Ivan Toplak kalah 0-2.

Pada saat yang bersamaan ada turnamen King’s Cup di Bangkok Thailand. PSSI menunjuk juara Piala Utama 1992 Pelita Jaya sebagai wakil Indonesia. Piala Utama adalah turnamen yang diikuti tim-tim terbaik kompetisi Galatama dan perserikatan.

Pelita Jaya kemudian menambah kekuatan dengan merekrut pemain-pemain Timnas senior dari klub dan perserikatan lain. Itu yang menjadi salah satu alasan kenapa Timnas U21 yang dikirim ke Malaysia.

Agar skuad Timnas U21 tidak terlau hijau, pelatih Ivan Toplak menyisipkan kiper yang saat itu sudah berusia 23 tahun Listianto Raharjo.

Beberapa pemain Timnas U21 di Turnamen Merdeka kemudian menembus Timnas senior serta menjadi andalan di klub Liga Indonesia, seperti Aples Tecuari, Chris Yarangga, Eri Irianto, Nuralim, Alexander Pulalo, dan Isaac Fatari.

error: Content is protected !!