Gelandang Timnas Marc Klok memiliki motivasi meningkatkan kemampuan

Foto: PSSI

Marc Klok tidak mendapat banyak kesempatan tampil pada Piala Asia AFC 2023 di Qatar. Hal itu bisa menjadi satu tanda bahwa levelnya ada di bawah pemain-pemain lain yang berkompetisi.

Pada turnamen terakbar di Asia itu Marc Klok hanya mendapat kesempatan bermain satu kali. Jumlah menitnya hanya sekitar 20 termasuk waktu tambahan. Gelandang Persib ini hanya bermain di pertandingan pertama Grup D melawan Irak (15/1/2024) sebagai pemain pengganti di menit 76.

Pelatih Shin Tae-yong lebih memilih Ivar Jenner, Justin Hubner atau Marselino Ferdinan untuk mengisi sentra lini tengah Timnas. Di pertandingan melawan Jepang (24/1/2024) pelatih asal Korea Selatan itu juga lebih memilih memainkan gelandang Ricky Kambuaya sebagai pengganti untuk memperkuat lini tengah.

Fakta di Piala Asia AFC 2023 itu menyadarkan Marc Klok untuk meningkatkan kemampuan. Apalagi, karena jarang bermain di Piala Asia, pemain kelahiran Belanda ini belum memiliki tingkat kebugaran untuk bermain penuh selama 90 menit, dibandingkan dengan rekan-rekannya di Persib.

Foto: PSSI

Karena itu Marc Klok menambah porsi latihan agar kemampuannya meningkat. Dia menambah latihan individu.

“Ya, saya pikir kita tidak bisa tetap diam di zona nyaman saja. Saya mau perbaiki dan harus mendorong diri sendiri untuk menaikkan diri ke level yang berikutnya,” kata Marc Klok, dikutip dari laman Ligaindonesiabaru.com.

“Saya harus mendorong diri untuk mencapai level yang lebih tinggi, untuk mencapai itu ada banyak faktor dan itu harus saya lakukan, dan salah satu faktornya adalah dengan menambah latihan sendiri,” ungkapnya.

Marc Klok menyebut bahwa rasa lelah setelah latihan bersama tim harus dilawan. “Selesai latihan itu mungkin kita lelah, tapi itu mungkin hanya pada pola pikir. Saya bilang ke diri sendiri, saya belum lelah dan ayo tambah lagi, nanti ikut akan naik sendiri untuk fisik. Jadi itu alasannya,” tuturnya.

Foto: Kamustimnas.com

Sebelum Piala Asia AFC 2023 sebenarnya sudah ada tanda kalau Marc Klok tidak lagi menjadi pilihan utama di Timnas. Setelah pertandingan Kualifikasi Piala Dunia 2026 melawan Irak di Basra (16/11/2023), Marc Klok hanya duduk di bangku cadangan saat Timnas melawan Filipina di Manila (21/11/2023).

Setelah menjadi starter tapi hanya bermain 45 menit melawan Libya di Antalya Turki (2/1/2024), nama Marc Klok tidak ada dalam daftar sebelas pemain pertama di pertandingan uji coba berikutnya melawan Libya (5/1/2024) dan Iran (9/1/2024).

Laman pssi.org mencantumkan bahwa Marc Klok telah 19 kali bermain untuk Timnas di pertandingan resmi. Mantan pemain PSM dan Persija ini mencetak empat gol dan satu assist untuk Timnas senior.

Add a Comment

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

error: Content is protected !!