Piala Dunia U20 Jadi Alasan Liga Harus Bergulir. Perlu Regulasi Pemain U18 di Liga?

Menteri Pemuda dan Olahraga (Menpora) Zainudin Amali menyebut dua alasan kenapa kompetisi harus segera bergulir.

Salah satu alasan adalah karena Indonesia akan menjadi tuan rumah Piala Dunia U20 pada tahun 2023.

Kata Menpora, Timnas untuk Piala Dunia U20 harus segera dibentuk. Karena itu, kompetisi sebagai arena pembinaan dan pemantauan pemain mesti berjalan.

Masalahnya, apakah para pemain yang bisa tampil untuk Piala Dunia U20 2023 nanti, yakni para pemain U18 (kelahiran 2003 dan setelahnya), akan banyak terlibat di kompetisi Liga 1 dan Liga 2 musim ini?

Tidak banyak klub Liga 1 yang sudah memberi kepercayaan kepada pemain U18 untuk masuk tim utama.

Wajar, karena rata-rata pemain U18 belum siap tampil di kompetisi senior seperti Liga 1.

Namun, karena Piala Dunia U20 2023 menjadi alasan kenapa Liga harus berjalan, seharusnya ada implementasi dari alasan yang disebut oleh Menpora tadi.

Pada tahun 2017, Liga 1 menerapkan regulasi klub-klub wajib memainkan pemain U23 untuk mendukung persiapan Timnas ke Asian Games 2018.

Menyalin regulasi itu jelas sulit. Tidak seperti pemain U23, rata-rata pemain U18 belum matang dan siap untuk bermain di kompetisi senior seperti Liga 1.

Perlu penyesuaian. Bisa saja regulasinya menjadi setiap tim wajib memasukkan pemain U18 dalam daftar 18 pemain untuk pertandingan.

Hanya usulan.

Sekarang kita tunggu bagaimana PSSI dan PT Liga Indonesia Baru mengimplementasikan alasan yang dikemukakan Menpora kepada masyarakat soal kenapa Liga 1 wajib bergulir di tengah pandemi Covid-19.

Add a Comment

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

error: Content is protected !!