Rizky Ridho pertama kali menjadi kapten Timnas di turnamen resmi

Foto: PSSI

Rizky Ridho mendapat kehormatan besar di pertandingan Piala Asia AFC 2023 antara Timnas Indonesia melawan Vietnam pada 19 Januari 2024 lalu di Abdullah bin Khalifa Stadium Doha Qatar.

Rizky Ridho baru bermain di menit 70. Bek tengah asal Surabaya ini masuk lapangan untuk menggantikan kapten Jordi Amat yang mengalami cedera di bagian hidung.

Sebelum masuk ke lapangan, Rizky Ridho menerima ban kapten dari Pratama Arhan, yang sebelumnya mengambil dari lengan Jordi Amat. Itulah momen di mana Rizky Ridho untuk pertama kali menjadi kapten Timnas senior di turnamen resmi.

Rizky Ridho sebelumnya pernah menjadi kapten Timnas U19, U22, dan U24. Pemain Persija ini menjadi kapten saat Garuda Muda meraih medali emas SEA Kamboja 2023 dan ketika Indonesia tampil di Asian Games pada September 2023.

Foto: AFC

Jumlah penampilan Rizky Ridho bersama Timnas sebenarnya masih kalah dari pemain lain yang berada di lapangan Abdullah bin Khalifa Stadium pada Sabtu malam itu. Pertandingan lawan Vietnam menjadi laga ke-32 untuknya, sementara Pratama Arhan memiliki 41 caps dan Witan Sulaeman 40 caps.

Meski demikian, Shin Tae-yong memberi kepercayaan kepada Rizky Ridho untuk menjadi kapten dan memimpin tim menjaga keunggulan 1-0 atas Vietnam. Timnas sukses meraih tiga poin.

Di Piala Asia AFC 2023 sudah ada tiga pemain yang menjadi kapten Timnas. Mereka adalah kapten utama Asnawi Mangkualam, kemudian Jordi Amat dan Rizky Ridho.

error: Content is protected !!