Timnas berencana uji coba lawan tim kelas dunia. Semoga memberi dampak signifikan, tidak seperti sebelumnya

Timnas U23 berencana melakukan pertandingan uji coba melawan tim level dunia, yakni tim nasional U23 Argentina, Brasil, dan Pantai Gading pada Maret 2021 sebagai persiapan menuju SEA Games 2021.

PSSI berharap pertandingan uji coba melawan tim kelas dunia akan membantu persiapan Timnas U23 dalam upaya mewujudkan target meraih medali emas SEA Games di Vietnam pada November-Desember 2021.

Sebenarnya Timnas sudah beberapa kali beruji coba melawan tim level dunia di masa lalu, tapi kurang memberi dampak signifikan terhadap prestasi Timnas di kejuaraan yang menjadi target utama

Contohnya, menjelang SEA Games 2007 Timnas U23 menggelar pemusatan latihan sekitar satu bulan di Argentina. Garuda Muda bertemu tim-tim kuat, termasuk tim nasional Argentina U20 dengan hasil seri 1-1.

Namun, Timnas U23 ketika itu gagal maju ke babak semifinal SEA Games 2007 di Thailand.

Timnas juga pernah beruji coba melawan tim nasional Belanda pada Juni 2013 di Jakarta dengan hasil kalah 0-3. Namun, setelah itu Timnas gagal sekalipun meraih kemenangan di babak Kualifikasi Piala Asia 2015.

Semoga Timnas di era Shin Tae-yong berbeda. Timnas perlu rutin bertemu tim-tim yang levelnya ada di atas Indonesia. Bukan hanya sesekali, tetapi minimal setiap bulan. Sementara di sisi lain Shin Tae-yong terus mengubah mental pemain Indonesia.

Add a Comment

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

error: Content is protected !!