Shin Tae-yong: Paling penting kontrol kondisi pemain karena secara psikologis mulai letih

Shin Tae-yong dalam latihan di Stadion Leo Lagrange Paris Prancis (6/5/2024). Foto: PSSI

Pelatih Shin Tae-yong menilai pemain Timnas Indonesia U23 mulai letih secara psikologis. Shi Tae-yong mengatakan itu setelah Timnas U23 menjalani latihan perdana di Paris Prancis pada Senin (6/5/2024).

Timnas U23 berada di sana untuk pertandingan play-off perebutan tiket terakhir ke Olimpiade Paris 2024 melawan Guinea di Clairefontaine Prancis pada 9 Mei 2024.

Hal yang wajar pemain letih secara psikologis dan fisik. Timnas U23 baru saja tampil di Piala Asia AFC U23 2024 pada 15 April-3 Mei 2024 di Qatar dengan pencapaian peringkat empat.

Sebelumnya sejak awal April 2024 skuad Garuda Muda menggelar pemusatan latihan di Dibai Uni Emirar Arab sehingga sebagian pemain tidak bisa berkumpul dengan keluarga di Hari Raya Idul Fitri.

Masalahnya bukan hanya keletihan. Timnas U23 juga harus cepat beradaptasi dengan kondisi dingin di Paris setelah sebelumnya lumayan panas di Dubai dan Doha Qatar.

“Seperti apa yang dilihat menggunakan jaket tebal, suhu lumayan dingin. Jadi, memang yang paling penting sebenarnya kontrol kondisi pemain. Secara psikolog juga mulai cape, mulai lelah, yang penting kita harus kontrol bagaimana kondisi pemain tetap fit,” kata Shin Tae-yong dalam rilis PSSI.

error: Content is protected !!