Ernando Ari: Saya sangat percaya diri untuk menendang penalti

Ernando Ari dan Shin Tae-yong setelah konferensi pers di Stadion Abdullah bin Khalifa Doha Qatar (25/4/2024). Foto: Kamustimnas.com

Kiper Ernando Ari cemerlang saat Indonesia mengalahkan Korea Selatan melalui adu penalti dengan skor 11-10 di babak perempat final Piala Asia AFC U23 2024 (25/4/2024) di Stadion Abdullah bin Khalifa Doha Qatar.

Dalam konferensi pers setelah pertandingan, Ernando Ari mengatakan dirinya ingin membayar kegagalan di final Piala AFF U23 2023 yang berperan membuat Timnas U23 kalah dan menurutnya telah membuat pelatih Shin Tae-yong sedih. Kiper asal Semarang kali ini berhasil.

Sebelumnya pada 26 Agusts 2023 di Stadion Provinsi Rayong Thailand, Ernando Ari ditunjuk menjadi penendang keenam Indonesia. Skor saat itu imbang 5-5. Tembakan Ernando Ari gagal. Setelah itu Vietnam mencetak gol dan keluar sebagai juara.

Pada perempat final Piala Asia AFC U23 2024, Ernando Ari harus menjadi penendang penalti kesepuluh setelah semua pemain lain sudah menjadi eksekutor. Meski dia bertekad untuk membayar kegagalan di final Piala AFF, apakah dia tetap merasa gugup?

“Saya fokus pada target. Lucunya, pada latihan saya malah ingin mencoba untuk mengambil penalti. Setelah Arkhan (Fikri, penendang keenam) tidak mencetak gol, saya berpikir, ‘oh saya bisa’. Saya sangat percaya diri untuk menendang penalti,” kata Ernando Ari di ruang konferensi pers Stadion Abdullah bin Khalifa.

Selain mencetak gol, dalam babak adu penalti Ernando Ari mampu menepis dua tembakan pemain Korea Selatan. Jadi pada Piala Asia AFC U23 2024 ini dia sudah melakukan tiga save penalti. Sebelumnya di laga fase grup kiper Persebaya ini menggagalkan penalti Australia.

error: Content is protected !!