Timnas di panggung Asia: Semoga Stadion Abdullah bin Khalifa kembali menyenangkan

Stadion Abdullah bin Khalifa di pertandingan Korsel lawan UEA (16/4/2024). Foto: Kamustimnas.com

Ada beberapa alasan kenapa Kamustimnas.com memutuskan datang ke Stadion Abdullah bin Khalifa di Doha Qatar pada Selasa malam (16/4/2024), meski hari itu Timnas Indonesia U23 tidak bertanding di sana dalam turnamen Piala Asia AFC U23 2024.

Pertama, Stadion Abdullah bin Khalifa akan menjadi arena dua pertandingan sisa Timnas Indonesia U23 di Grup A, yakni melawan Australia pada 18 April dan Yordania pada 21 April. Rasanya perlu untuk mengenal kondisi di stadion sebelum Timnasday meski sebelumnya sudah pernah berada di sana.

Pada 19 Januari 2024, Kamustimnas ikut menyaksikan langsung pertandingan Timnas Indonesia di Piala Asia AFC 2023 melawan Vietnam. Pasukan Shin Tae-yong menang 1-0 melalui gol penalti Asnawi Mangkualam. Malam itu Abdulla bin Khalifa benar-benar menjadi milik Indonesia.

Skuad Timnas setelah mengalahkan Vietnam di Piala Asia (19/1/2024). Foto: Kamustimnas.com

Sangat kontras dengan kondisi pada 19 Januari 2024, pada Selasa malam (16/4/2024) kompleks Abdullah bin Khalifa stadium begitu sepi. Namun standar penyelenggaraan pertandingan level elite tetap berjalan. Di luar stadion, petugas keamanan dan para relawan tetap melaksanakan tugas masing-masing.

Begitu masuk ke dalam stadion, kenangan indah dari 19 Januari 2024 langsung muncul. Selain kemenangan Timnas, hal yang tak bisa dilupakan dari Abdullah bin Khalifa adalah tribun media yang begitu dekat dengan bench tim tandang dan juga lapangan pertandingan.

Malam itu Korea Selatan melawan Uni Emirat Arab. Duduk di tribun media menyaksikan pemain cadangan UEA melakukan pemanasan, kenangan dari tiga bulan sebelumnya muncul, melihat Marc Klok, Shayne Pattynama dan lainnya melakukan pemanasan, dan momen tegang di menit-menit akhir menanti kemenangan.

Shin Tae-yong dan asisten pelatih Timnas di Abdullah bin Khalifa (16/4/2024). Foto: Kamustimnas.com

Prakiraan Kamustimnas ternyata tepat. Menengok ke sebelah kiri atas, di tribun ada Shin Tae-yong dengan mengenakan topi. Dia tidak sendirian. Empat asisten pelatih Timnas juga hadir, yakni Choi In-cheol, Kim Bong-soo, Cho Byung-kuk, dan Nova Arianto.

Menit 90+4 penyerang tinggi Lee Young-jun berhasil menyundul masuk bola umpan sepak pojok. Korsel menang 1-0. Shin Tae-yong dan para asisten tampak gembira. Kiper Kim Jeong-hoon naik ke tribun untuk menyapa dan memberi salam hormat kepada Kim Bong-soo, pelatih kiper Timnas.

Semoga pada 18 April Shin Tae-yong, skuad Garuda, dan suporter Timnas juga gembira di akhir petandingan.

error: Content is protected !!