Shin Tae-yong memuji semangat pantang menyerah Timnas Indonesia U23

Rafael Struick di pertandingan Timnas U23 melawan Qatar (15/4/2024). Foto: AFC

Timnas Indonesia U23 kalah 2-0 dari tuan rumah Qatar dalam pertandingan pertama di Grup A Piala Asia AFC U23 2024 pada Senin (15/4/2024). Lepas dari keputusan-keputusan wasit yang dianggap kubu Timnas tidak tepat, pelatih Shin Tae-yong melihat ada sisi baik dari penampilan timnya.

“Hal baik dari pertandingan ini adalah meski kami kalah dalam jumlah pemain, kami tidak menyerah. Ini sektor yang menunjukkan bahwa sepakbola Indonesia mengalami perkembangan,” kata Shin Tae-yong dalam konferensi pers setelah pertadingan di Jassim bin Hamad Stadium, Al Rayyan, Qatar.

Di babak kedua Timnas U23 memang memegang kendali permainan. Kartu merah untuk Ivar Jenner di awal babak kedua tidak mengurangi tekanan skuad Garuda ke pertahanan Qatar.

Meski tampil dengan 10 pemain, Timnas U23 sangat bersemangat untuk menyamakan skor setelah tertinggal 1-0 karena gol penalti di menit 45+1. Setelah melihat VAR, wasit Nasrullo Kabirov sepertinya menilai tangan Rizky Ridho mengenai wajah pemain Qatar. Wasit asaal Tajikistan itu menunjuk titik penalti.

Gelandang Timnas U23 saat melawan Qatar (15/4/2024). Arkhan Fikri. Foto: AFC

Kehilangan pemain penting di lini tengah, Shin Tae-yong memasukkan bek serbabisa Nathan Tjoe-A-on untuk menggantikan bek Komang Teguh. Nathan Tjoe bermain sebagai gelandang. Namun, jujur saja kalau di babak kedua Timnas kesulitan mendapatkan peluang sebaik seperti di babak pertama.

Di babak pertama, dua kali sundulan bek Muhammad Ferarri dalam menyambut lemparan jauh Pratama Arhan berhasil diamankan kiper Yousef Abdullah. Peluang emas lain datang ketika Rafael Struick mendribel ke dalam lalu menembak ke tiang jauh. Sayang bola yang sudah gagal dijangkau Yousef Abdullah mengenai tiang bagian luar.

Di babak kedua, hanya ada satu peluang berupa tembakan tepat ke gawang. Lagi-lagi berawal dari lemparan jauh Pratama Arhan, bola sapuan pertahanan Qatar langsung ditembak Marselino Ferdinan, tapi berhasil ditepis kiper.

Ketika Qatar menambah keunggulan menjadi 2-0 di menit 54 melalui tendangan bebas, Timnas U23 terus berjuang. Rizky Ridho dkk. sama sekali tidak menyerah pada fakta tertinggal dua gol dan kalah jumlah pemain.

Di waktu tambahan babak kedua, Timnas U23 kembali kehilangan pemain setelah Ramadhan Sananta mendapat kartu merah sesuai wasit mengecek VAR. Kalau melihat rekaman, Shin Tae-yong rasanya tak akan komplain untuk hukuman ini. Kaki penyerang Persis itu jelas menginjak pergelangan kaki pemain Qatar.

error: Content is protected !!