Cerita dari kemenangan terakhir Timnas atas Jepang

Timnas Indonesia pada tahun 1980-1981. Foto: Majalah Prestasi

Laman resmi federasi sepak bola Jepang menulis tim nasional mereka telah 18 kali bertemu Indonesia, termasuk Hindia Belanda. Rekor Timnas Indonesia enam kali menang, dua kali imbang, dan 10 kali kalah.

Kemenangan terakhir Timnas senior atas Jepang terjadi pada 24 Februari 1981. Saat itu kedua negara bertemu dalam laga persahabatan di Stadion Utama Gelora Bung Karno Jakarta.

Jepang sedang melakukan tur ke Asia Tenggara. Sebelum ke Jakarta, Samurai Biru masing-masing mengadakan dua pertandingan di Malaysia dan Singapura.

Di Kuala Lumpur Jepang kalah 0-1 dan imbang 1-1 melawan Malaysia. Di Singapura, Samurai Biru menang 1-0 dan seri 0-0 melawan Singapura.

Pertandingan Indonesia melawan Jepang hanya berlangsung satu kali. Timnas asuhan pelatih Harry Tjong sedang mempersiapkan diri untuk tampil di Kualifikasi Piala Dunia 1982 pada Mei-Juni 1981.

Lima hari sebelum melawan Jepang, Timnas yang pada saat itu disebut dengan nama PSSI Utama, bermain imbang 0-0 melawan klub elite Belanda, Ajax Amsterdam di GBK.

Gol dari penyerang Bambang Nurdiansyah pada menit 42 dan gelandang Berti Tutuarima di menit 49 membawa Timnas menang 2-0 atas Jepang.

Jepang sendiri datang ke Asia Tenggara dengan kekuatan utama. Pelatih Saburo Kawabucho membawa antara lain gelandang dan kapten Hideki Maeda, kiper Yoshio Kato, penyerang Hiromi Hara, dan gelandang Takeshi Okada.

Nama yang disebut terakhir kemudian menjadi pelatih Jepang dan membawa Samurai Biru untuk pertama kali lolos ke Piala Dunia pada 1998.

Susunan pemain Timnas: Poerwono (kiper); Simson Rumahpasal, Ronny Pattinasarani, Suharno (Subangkit), Didik Darmadi, Herry Kiswanto (Suapri), Chris Wakano, Berti Tutuarima, Rully Nere, Hadi Ismanto, Bambang Nurdiansyah (Bambang Sunarto)

error: Content is protected !!