Profil Al Egla, tempat latihan Timnas di Piala Asia

Lapangan Al Egla 2 di Lusail Qatar menjadi tempat latihan Timnas selama Piala Asia AFC 2023. Foto: Kamustimnas.com

Timnas Indonesia mendapat lapangan Al Eagla 2 sebagai tempat latihan selama Piala Asia AFC 2023 di Qatar. Berikut profil singkat mengenai Al Egla.

Kompleks Lapangan Latihan Al Egla terletak di kota Lusail Qatar. Lapangan latihan ini dikelola oleh Supreme Committee for Delivery & Legacy (SC), organisasi yang bertanggung jawab menyediakan infrastruktur dan warisan dari Piala Dunia FIFA Qatar 2022.

Dari kota Doha untuk sampai ke Lapangan Latihan Al Egla bisa menggunakan transportasi umum kereta bawah tanah metro, turun di Stasiun Qatar University, dan dilanjutkan dengan menggunakan taksi online. Jarak dari Stasiun Qatar University ke Lapangan Latihan Al Egla sekitar enam kilometer.

Foto: Kamustimnas.com

Kompleks Lapangan Latihan Al Egla memiliki 10 lapangan, yang terbagi dalam lima bagian. Satu bagian terdiri dari dua lapangan.

Timnas Indonesia mendapat lapangan nomor 2 yang letaknya bersebelahan dengan lapangan nomor 1. Namun skuad Garuda sempat dua kali menjalani latihan di lapangan nomor 4.

Foto: Kamustimnas.com

Seorang karyawan perawatan lapangan di Al Egla mengatakan bahwa setiap lapangan Al Egla menggunakan rumput alami. Rumputnya khusus didatangkan dari Amerika Serikat.

Dia mengatakan bahwa setiap lima bulan dilakukan pergantian rumput untuk menyesuaikan dengan musim di Qatar. Jadi, rumput lapangan tempat Timnas latihan adalah khusus untuk musim dingin.

Foto: Kamustimnas.com

Setiap bagian lapangan memiliki satu bangunan. Di bangunan tersebut antara lain terdapat kamar ganti, kamar mandi, sauna, ruangan untuk gym, dan untuk perawatan pemain.

Klub Liga 2 Qatar, Lusail SC bersama tim akademinya berlatih di Lapangan Latihan Al Egla. Kompleks lapangan latihan ini juga terbuka untuk umum, tetapi selama penyelenggaraan Piala Asia AFC 2023 ditutup.

Selama Piala Asia AFC 2023 ada enam tim yang latihan di sana, yaitu Indonesia, India, Korea Selatan, Kirgizstan, Lebanon, dan Uni Emirat Arab. Saat Piala Dunia FIFA 2022, Korea Selatan dan Tunisia latihan di sana.

error: Content is protected !!