Gol Asnawi Mangkualam menjadi gol penalti pertama Timnas di Piala Asia

Foto: PSSI

Timnas Indonesia untuk pertama kali mencetak gol penalti di Piala Asia AFC melalui eksekusi Asnawi Mangkualam ke gawang Vietnam (19/1/2024).

Sebelumnya dalam Piala Asia AFC Timnas mencetak tujuh gol melalui permainan terbuka dan satu gol melalui bola mati sepak pojok. Satu-satunya gol bola mati sepak pojok dicetak oleh Ronny Wabia ke gawang Korea Selatan di Piala Asia AFC 1996.

Timnas mendapat penalti setelah kaus Rafael Struick ditarik bek Vietnam pada menit ke-39. Berdasarkan penelusuran Kamustimnas.com, itu menjadi penalti pertama Indonesia di Piala Asia AFC.

Sebaliknya gawang Timnas sampai sejauh ini sudah kemasukan dua gol penalti lawan. Yang pertama di Piala Asia AFC 1996. Pemain Kuwait, Badr Haji Al-Halabeej mencetak gol penalti pada menit ke-84 yang membuat kedudukan menjadi imbang 2-2. Skor itu bertahan sampai akhir laga.

Gol penalti kedua terjadi di Piala Asia AFC 2000. Penalti Shen Si pada menit ketujuh membawa China unggul 2-0 atas Indonesia. Timnas akhirnya kalah 4-0 di pertandingan itu.

error: Content is protected !!