Komisi X dan III DPR menyetujui rekomendasi Jay Idzes dan Nathan Tjoe-A-On menjadi WNI

Jay Idzes bersama Ketua Umum PSSI Erick Thohir. Foto: Istimewa

Komisi X dan III Dewan Perwakilan Rakyat (DPR) Republik Indonesia menyetujui untuk merekomendasi kewarganegaraan kepada dua calon pemain naturalisasi Jay Idzes dan Nathan Tjoe-A-On.

PSSI mengajukan kedua pemain untuk mendapatkan status warga negara Republik Indonesia (WNRI). Tujuannya adalah untuk membuat Timnas Indonesia lebih kuat.

Jay Idzes adalah seorang bek tengah yang juga bisa bermain sebagai gelandang bertahan. Pemain kelahiran Belanda yang memiliki darah Indonesia itu saat ini bermain di klub Serie B Italia, Venezia FC.

Nathan Tjoe-A-On juga dilahirkan di Belanda dan memiliki darah Indonesia. Dia seorang bek kiri dan tengah. Saat ini dia bermain di klub Championship (Kasta kedua Liga Inggris), Swansea City.

“Komisi X DPR RI memutuskan menyetujui rekomendasi Kewarganegaraan RI atas nama Jay Noah Idzes dan Nathan Noel Romejo Tjoe-A-On dengan catatan bahwa penetapan Kewarganegaraan RI ditetapkan oleh instansi yang berwenang berdasarkan ketentuan peraturan perundang-undangan yang berlaku,” kata pimpinan sidang Hetifah Sjaifudian pada Senin (4/12/2023), dikutip dari pssi.org.

Hal yang sama juga diutarakan oleh pimpinan sidang Komisi III M. Nurdin. Walaupun menyetujui, ada catatan dari Komisi III dan X DPR RI yaitu pembinaan usia muda harus bisa dirancang dengan baik sehingga nantinya Indonesia bisa melahirkan pemain-pemain binaan sendiri yang bisa bersaing di level internasional.

error: Content is protected !!