Komentar calon pemain Timnas Jay Idzes mengenai bergabung dengan Indonesia

Jay Idzes dengan jersey Venezia di Serie B Italia. Foto: Venezia FC

Belum lama ini laman klub Belanda, Go Ahead Eagles (www.ga-eagles.nl) menampilkan wawancara dengan calon pemain Timnas Indonesia, Jay Idzes.

Jay Idzes adalah pemain berdarah Indonesia yang sedang diajukan oleh PSSI untuk mendapatkan status warga negara Indonesia.

Jay Idzes memperkuat Go Ahead Eagles pada Juli 2020 sampai Juni 2023. Sejak Juli 2023 pemain berposisi utama bek tengah itu bermain bersama Venezia di Serie B Italia.

Meski sudah pergi, perkembangan karir Jay Idzes tetap mendapat perhatian dari Go Ahead Eagles. Klub liga utama Belanda (Eredivisie) itu memberi selamat kepadanya karena bakal mendapat panggilan dari Timnas Indonesia.

“Tentu! Belakangan ini saya sempat dipanggil untuk ke Timnas Indonesia. Pada bulan September saya terbang ke Indonesia untuk mengadakan pembicaraan dengan asosiasi tersebut, dan rencana masa depan terlihat menjanjikan,” kata Jay Idzes, yang ikut mengantar Go Ahead Eagles ke Eredivisie pada 2022.

“Proses naturalisasi telah dimulai dan saya tidak sabar untuk memainkan pertandingan internasional pertama saya,” kata Jay Idzes.

“Tentu saja ini adalah negara yang sangat besar, dengan 270 juta penduduk, tetapi ini bukanlah negara sepakbola yang besar. Misalnya saja belum pernah ikut Piala Dunia. Tapi menurut saya Timnas Indonesia sedang naik daun,” sebut pemain yang juga bisa bermain sebagai gelandang itu.

Foto: Istimewa

“Semakin banyak pemain seperti saya, yang merupakan orang Indonesia namun juga bisa bermain untuk negara lain, pindah ke sana. Hal ini bisa menimbulkan reaksi berantai, seperti yang terjadi di Maroko beberapa tahun lalu. Mereka akhirnya mencapai semifinal Piala Dunia,” ujarnya.

“Jika lebih banyak pemain memilih suatu negara, negara tersebut akan menjadi lebih sukses dan menarik bagi lebih banyak pemain,” kata pemain kelahiran 2 Juni 2000 itu.

“Impian saya adalah bermain untuk Indonesia di Piala Dunia. Mudah-mudahan hal ini dapat terwujud pada tahun 2026, ketika lebih banyak negara yang bisa tampil dibandingkan sebelumnya,” ucap Jay Idzes.

“Lihat saja. Ada rencana besar untuk lebih menempatkan Indonesia di peta sepakbola dan menaikkan levelnya. Saya pikir akan menjadi hal yang luar biasa untuk menjadi bagian dari hal itu.”

error: Content is protected !!