Serba pertama Timnas dari pertandingan melawan Brunei

Timnas merayakan gol ke Brunei di Stadion Hassanal Bolkiah (17/10/2023). Foto: The-afc.com

Pertandingan leg 2 putaran pertama Kualifikasi Piala Dunia 2026 melawan tuan rumah Brunei Darussalam, Selasa (17/10/2023), memunculkan beberapa hal pertama bagi Timnas Indonesia.

Penampilan pertama
Arkhan Fikri menjalani debut bersama Timnas senior Indonesia. Gelandang asal Serdang Bedagai Sumatera Utara ini masuk lapangan pada menit ke-73 menggantikan Ricky Kambuaya.
Arkhan Fikri sebelumnya sudah bermain untuk Timnas U20 dan Timnas U23. Pemain Arema FC ini debut Timnas senior pada usia 18 tahun sembilan bulan.

Gol dan assist Pertama
Penyerang Hokky Caraka mencetak dua gol perdana bersama Timnas senior pada penampilan keduanya. Pemain PSS ini mencetak gol pertama dan ketiga Indonesia ke gawang Brunei.
Hokky Caraka juga mencetak assist pertama bersama Timnas senior. Sundulan ke belakang pemain asal Gunung Kidul ini berhasil dimanfaatkan Egy Maulana menjadi gol.

Assist pertama
Sandy Walsh mencetak assist pertama bersama Timnas Indonesia. Bek kanan klub KV Mechelen (Belgia) ini mencetak assist pertama pada pertandingan ketiga bersama Timnas.
Pada menit ke-6, Sandy Walsh menyambut umpan lambung Ricky Kambuaya dengan sebuah sodoran ke muka gawang. Bola berhasil dimasukkan oleh Hokky Caraka.

Gol penalti pertama
Witan Sulaeman mencetak gol kesembilan bersama Timnas senior dalam 32 penampilan dan juga gol pertama melalui tendangan penalti.
Witan Sulaeman mengeksekusi penalti pada menit ke-47 setelah winger asal Persija ini dilanggar saat menyambut umpan dari Egy Maulana.

Gol tandang pertama
Rizky Ridho mencetak gol pertama bersama Timnas senior di pertandingan tandang. Bek tengah asal Surabaya ini sebelumnya sudah mengemas dua gol bersama Timnas senior.
Kedua gol pertama Rizky Ridho terjadi di Indonesia, yakni ke gawang Burundi di Stadion Patriot Candrabhaga Bekasi (25/3/2023) dan Brunei di Stadion Utama GBK (12/10/2023).

Tiga clean sheet beruntun
Meski lawannya hanya sekelas Brunei, tetapi tetap saja menjadi sebuah catatan. Untuk pertama kali di era Shin Tae-yong (sejak Mei 2021), Timnas senior tidak kebobolan dalam tiga pertandingan beruntun. Timnas tak kemasukan melawan Turkmenistan (2-0), Brunei (6-0), dan Brunei (6-0).
Catatan terbaik sebelumnya adalah dua pertandingan, yakni saat menang lawan Timor Leste 3-0 (30 Januari 2022) dan seri 0-0 lawan Bangladesh (1 Juni 2022).

error: Content is protected !!