Shin Tae-yong Berharap Tidak Ada Lagi Piala AFF U23

Foto: Kamustimnas.com

Kisah lama berulang. Tidak semua pemain hadir di hari pertama pemusatan latihan Timnas U23 pada Kamis (10/8/2023) di Jakarta.

Timnas U23 memulai persiapan untuk Piala AFF U23 pada 17-26 Agustus 2023 di Rayong Thailand dan Kualifikasi Piala Asia AFC U23 2024 pada 9 dan 12 September di Solo.

Hari pertama TC diikuti oleh 17 pemain. Sebenarnya ada 23 pemain yang mendapat panggilan dari pelatih Timnas U23 Shin Tae-yong.

“Memang ada beberapa pemain yang belum hadir, tapi dengan pemain yang ada di sini harus bisa membentuk organisasi yang baik,” kata Shin Tae-yong kepada wartawan setelah latihan di Lapangan A Senayan Jakarta.

Piala AFF U23 tinggal beberapa hari lagi. Garuda Muda akan bertemu Malaysia pada 18 Agustus 2023.

“Seperti apa yang dilihat, pastinya tidak cukup ya (waktu persiapan). Apalagi latihan pertama TC tidak semua pemain hadir dan kita juga tidak tahu kapan mereka datang. Saya tidak mau stres karena pemain-pemain tidak datang semua, jadi persiapan ini akan fokus juga ke Kualifikasi AFC U23 nanti. Jadi dengan pemain yang ada di sini, saya akan coba membuat dan juga mencari pemain baru untuk AFC U23,” ujar Shin Tae-yong.

Foto: Kamustimnas.com

“Memang dari klub tidak wajib ya melepas pemain karena ini turnamen AFF, Jadi, klub pun tidak melepas,” kata Shin Tae-yong.

Piala AFF U23 memang tidak masuk dan berada di luar jadwal FIFA Matchday. Saat ini Liga 1 tengah memasuki pekan ketujuh.

“Saya bisa mengerti pelatih klub seperti apa karena mereka juga pasti punya target masing-masing dan berprestasi di Liga, apalagi pemain-pemain yang saya panggil adalah pemain inti di tim mereka,” ujarnya.

Shin Tae-yong tidak mau terjebak dalam masalah yang selalu berulang. Ia ingin fokus ke persiapan Garuda Muda menuju Kualifikasi Piala Asia AFC U23.

Kata Shin Tae-yong, TC persiapan Piala AFF U23 menjadi sarana untuk mencari pemain baru yang bisa dimanfaatkan untuk Kualifikasi Piala Asia AFC U23.

Foto: Kamustimnas.com

Shin Tae-yong berharap ke depan tidak ada lagi turnamen Piala AFF U23 karena dinilai mengganggu kompetisi.

“Untuk AFF, melalui interviu ini saya ingin berbicara. Saya berharap Piala AFF U23 tidak ada lagi karena banyak pemain U23 yang sudah bermain di Liga 1,” ujarnya.

“Jadi, dengan adanya Turnamen AFF U23 ini sebenarnya merugikan liga dan mengganggu perkembangan sepak bola sebuah negara,” sebut Shin Tae-yong.

“Untuk Piala AFF U20 oke, karena pemain-pemain (U20) harus banyak bertanding dan berpengalaman di turnamen-turnamen internasional, tapi untuk U23 saya berharap tidak ada lagi,” tegas pelatih Korea Selatan di Piala Dunia FIFA 2018 itu.

error: Content is protected !!