Manfaat Sistem Promosi Degradasi Pemain di TC Timnas U17

Foto: Kamustimnas.com

Timnas U17 menerapkan sistem promosi degradasi pemain selama pemusatan latihan (TC).

“Rencananya kita ada promosi degradasi karena ingin mencoba memberi kesempatan dari para pemain yang sudah mengantri, termasuk yang dari luar (diaspora) saat ini begitu banyak,” kata pelatih Timnas U17 Bima Sakti.

Promosi degradasi pemain akan berjalan setiap pekan. Jumlah pemain yang keluar masuk akan selalu berubah. Yang jelas TC Timnas U17 akan selalu diikuti oleh 34 pemain.

Foto: Kamustimnas.com

“Setiap minggunya kita dari awal hanya 34 pemain. Jadi nanti ada yang dipulangkan empat, kita masukkan lagi (empat pemain). Seminggu lagi ada yang pulang tiga, nanti ada yang masuk lagi,” jelas Bima Sakti kepada para wartawan di Lapangan A Senayan pada Sabtu (15/7/2023).

TC Timnas U17 persiapan Piala Dunia FIFA U17 2023 telah dimulai pada 10 Juli 2023. Rencananya TC di Indonesia akan berlangsung sampai 28 Agustus 2023.

Bima Sakti memanggil 34 pemain. Sebagian besar adalah pemain yang mengantar Garuda Muda juara Piala AFF U16 2022 dan tampil di Kualifikasi Piala Asia AFC U17 pada Oktober 2022.

Foto: kamustimnas.com

Kata Bima Sakti, penerapan promosi-degradasi bermanfaat untuk para pemain yang sekarang ada di TC. Mereka menjadi terpacu untuk terus meningkatkan performa mereka.

“Oleh sebab itu ini perjuangan buat mereka. Setiap minggunya mereka harus bersaing, harus develop kemampuan mereka,” ujar Bima Sakti.

Setelah TC di Indonesia, Timnas U17 berencana mengadakan TC di Jerman pada September-Oktober. Setelah itu Garuda Muda tampil di Piala Dunia FIFA U17 pada 10 November-2 Desember 2023 di Indonesia.

error: Content is protected !!