Mantan Pemain Timnas akan Mendapat Bantuan dari Yayasan yang Didirikan PSSI

Timnas di SEA Games 1987 – Foto: Tabloid Bola

PSSI mendirikan Yayasan Bakti Sepakbola Indonesia untuk membantu para mantan pemain Timnas Indonesia dan membantu rencana masa depan pemain muda.

Yayasan Bakti Sepakbola Indonesia resmi diperkenalkan ke publik pada Kamis (22/6/2023) dalam acara konferensi pers di GBK Arena Jakarta.

Yayasan Bakti Sepakbola Indonesia merupakan program dari kepengurusan PSSI periode 2023-2027. Yayasan ini dipimpin oleh Ketua Umum PSSI Erick Thohir.

“Tugas utama Yayasan Bakti Sepakbola Indonesia itu untuk membantu mantan-pemain Timnas Indonesia dalam hal kesehatan dan sosial. Selain itu, membantu menyiapkan jenjang karier pemain muda setelah bermain,” kata Erick Thohir, dikutip dari laman pssi.org.

Foto: PSSI

Mantan pemain Timnas memang perlu mendapat penghormatan. Mereka telah berjuang mengharumkan nama Indonesia, baik melalui event resmi seperti Kualifikasi Piala Dunia dan Piala Asia maupun ajang tidak resmi seperti Asian Games, SEA Games, atau Turnamen Merdeka dan King’s Cup.

“Kami ingin pemain-pemain Timnas Indonesia jangan hanya dipuji-puji saat berkontribusi baik, namun dilupakan setelah pensiun. Ini yang PSSI ingin ubah persepsinya. Jadi pemain Timnas habis selesai ya selesai. Terpuruk dan terlupakan. Bahkan untuk kesehatan tidak terjamin. Apalagi masa depan,” ujar Erick Thohir.

“Ini kenapa kami di yayasan ingin buktikan PSSI hadir merawat dan kenapa yayasan ini dibentuk. Kami juga menggandeng sejumlah tokoh untuk menjadi pengurus di yayasan ini,” tambahnya.

Foto: Kamustimnas.com

Kepengurusan PSSI tahun 1990-an juga pernah membentuk yayasan yang memberi penghargaan kepada pemain Timnas, yakni Yayasan sepak bola Indonesia (Yasindo).

Yasindo memberikan apresiasi dalam bentuk uang tunjangan seumur hidup yang diberikan setiap bulan kepada para peraih medali emas SEA Games 1987 dan 1991 serta pemain Timnas di Olimpiade 1956.

Dikutip dari buku Yasindo, yayasan ini memberikan tunjangan seumur hidup kepada pemain Timnas Indonesia yang tampil di Piala Dunia dan Olimpiade, tampil di pertandingan final Piala Asia dan Asian Games, serta peraih medali emas SEA Games.

error: Content is protected !!