Taufany Muslihuddin Berterima Kasih Kepada Pelatih karena Dapat Kesempatan Masuk Timnas SEA Games

Foto: PSSI

Nama Taufany Muslihuddin menjadi salah satu kejutan ketika pelatih Indra Sjafri mengumumkan daftar pemain Timnas U22 ke SEA Games Kamboja 2023.

Kejutan karena Taufany Muslihudddin tidak memiliki menit bermain di Liga 1 yang lebih banyak dari gelandang-gelandang yang akhirnya tidak masuk skuad.

Ternyata Taufany Muslihuddin mampu menunjukkan peran besar bersama Timnas U22 di SEA Games 2023. Dia mencetak gol kemenangan 3-2 atas Vietnam di semifinal (13/5/2023)

“Kita diberikan kemenangan hari ini dan saya bersyukur kepada coach Indra (Sjafri) dan staf pelatih sudah memberi kepercayaan di Timnas SEA Games ini. Untuk ke final saya ingin lebih siap lagi,” kata Taufany Muslihuddin setelah laga semifinal.

Foto: PSSI

Pada Liga 1 musim 2022-2023 Taufany Muslihuddin bermain delapan kali. Jumlah total menit penampilannya bersama Borneo FC adalah 270 menit. Pemain asal Tenggarong ini tidak pernah bermain penuh di satu pertandingan.

Pencapaian tersebut kalah dari gelandang seperti Rifky Dwi Septiawan, David Maulana, atau Kanu Helmiawan yang juga mengikuti fase akhir TC SEA Games tapi akhirnya tidak masuk daftar 20 pemain.

Pada Liga 1 2022-2023, Rifky Dwi Septiawan bermain 11 kali dengan menit penampilan 700 bersama Persita. David Maulana bermain 11 kali dengan menit penampilan 307 bersama Bhayangkara FC. Kanu Helmiawan bermain 21 kali dengan menit penampilan 1.229 bersama Persis.

Foto: PSSI

Tim pelatih Timnas U22 tentu memilih pemain berdasarkan kebutuhan tim dan berbagai pertimbangan. Taufany Muslihuddin ternyata menunjukkan bahwa dirinya memang pantas berada di skuad SEA Games.

Taufany Muslihuddin sudah menunjukkan kemampuan sejak pertandingan pertama melawan Filipina (29/4/2023). Tampil sebagai pengganti, pemain kelahiran 24 Maret 2002 ini menjadi kreator gol kedua Indonesia.

Taufany Muslihuddin “mengajak” Irfan Jauhari bermain operan pendek satu dua di depan kotak penalti. Pemain binaan Borneo FC junior itu mencetak assist untuk Irfan Jauhari.

Foto: PSSI

Taufany Muslihuddin juga berperan dalam gol kemenangan 2-1 atas Kamboja (10/5/2023). Dia memberi operan pendek kepada Beckham Putra dan melakukan pergerakan untuk meminta bermain satu dua.

Beckham Putra memanfaatkan operan Taufany Muslihuddin untuk menerobos pertahanan Kamboja dan menembak bola masuk ke gawang.

Terakhir Taufany Muslihuddin berperan dalam gol kemenangan 3-2 atas Vietnam di babak semifinal (13/5/2023). Dia tidak hanya mencetak gol lewat tendangan datar ke tiang jauh.

Foto: PSSI

Taufany Muslihuddin ikut berperan membangun serangan yang berujung gol. Ini berawal dari Rio Fahmi yang sukses memotong operan pemain Vietnam di jantung pertahanan Timnas U22.

Bola kemudian berhasil dikuasai Taufany Muslihuddin. Dia kemudian melewati satu pemain lawan dan tetap melaju meski mendapat tarikan.

Di tengah lapangan Taufany Muslihuddin mengumpan pendek kepada Marselino Ferdinan, yang kemudian meneruskan ke Fajar Fathur Rahman.

Fajar Fahthur Rahman mendribel sampai masuk kotak penalti dan memutuskan menembak ke gawang, tapi bola mengenai kaki pemain Vietnam. Bola pantulan langsung dimanfaatkan Taufany Muslihuddin.

error: Content is protected !!