Kiper Timnas U20 Cahya Supriadi Debut di Liga 1

Foto: PSSI

Kiper Timnas U20 Cahya Supriadi akhirnya menjalani pertandingan debut di Liga 1 bersama Persija.

Cahya Supriadi tampil sebagai kiper pengganti di laga terakhir Liga 1 musim 2022-2023 antara Persija melawan PSS di Stadion Utama Gelora Bung Karno Jakarta pada Sabtu (15/4/2023).

Cahya Supriadi masuk ke lapangan pada menit ke-84 untuk menggantikan Andritany Ardhiyasa. Cahya Supriadi berhasil mempertahankan keamanan gawang tim. Persija menang 5-0.

Debut ini dapat disebut sebagai penantian Cahya Supriadi.

Kiper Karawang ini tampil sangat baik bersama Timnas U19 pada Tournoi Maurice Revello di Prancis pada Mei 2022 dan Piala AFF U19 pada Juli 2022. Dia selalu menjadi pilihan pertama di kedua turnamen tersebut.

Cahya Supriadi pun disebut sebagai salah satu pemain Timnas U19 yang pantas tampil di Liga 1. Namun, penampilan konsisten Andritany Ardhiyasa membuat Cahya Supriadi mesti bersabar.

Foto: PSSI

Di sisi lain, performa Cahya Supriadi terganggu setelah mengalami cedera benturan di kepala dalam Kualifikasi Piala Asia AFC U9 2023 di Surabaya pada September 2022.

Cahya Supriadi melakukan kesalahan passing pada pertandingan persahabatan melawan Prancis U20 pada November 2022 di Spanyol. Kesalahan itu menjadi awal gol pertama Prancis U20.

Dalam pertandingan melawan Selandia Baru U20 pada Februari 2023, tangkapan Cahya Supriadi terhadap umpan datar lawan dari sayap kurang sempurna. Bola pantulan mengenai pemain Selandia Baru yang kemudian memasukkan bola ke gawang.

Sementara kiper Daffa Fasya tampil baik saat mendapat kesempatan di Timnas U20, antara lain menggagalkan penalti Prancis U20.

Foto: PSSI

Shin Tae-yong memilih Daffa Fasya sebagai kiper Timnas U20 pada laga pertama di Piala Asia AFC U20 melawan Irak. Meski kemasukan dua gol, kiper Borneo FC itu tampil baik dengan melakukan sejumlah penyelamatan.

Daffa Fasya terpilih lagi dan kembali tampil gemilang di pertandingan melawan Suriah dan Uzbekistan.

Setelah Indonesia batal menjadi tuan rumah Piala Dunia FIFA U20 dan Timnas U20 dibubarkan, Cahya Supriadi kembali ke Persija.

Kesempatan bermain di Liga 1 akhirnya datang pada pertandingan terakhir musim 2022-2023.

“Alhamdulillah 2022/2023. Sampai jumpa pada musim berikutnya,” demikian unggahan Cahya Supriadi di akun instagramnya sehari setelah pertandingan melawan PSS.

error: Content is protected !!