Shin Tae-yong Ingin Membawa Timnas Lolos ke Piala Dunia

Foto: PSSI

Shin Tae-yong memiliki keinginan mencetak sejarah dengan menjadi negara ASEAN pertama yang lolos ke Piala Dunia.

Shin Tae-yong menyatakan keinginan tersebut setelah mengalami kekecewaan berat bersama Timnas U20.

Seperti diketahui pada 29 Maret 2023 FIFA mencabut status Indonesia sebagai tuan rumah Piala Dunia FIFA U20 2023.

Timnas U20 masih berpotensi tampil jika yang ditunjuk sebagai tuan rumah baru sudah lolos kualifikasi. Tapi, peluang itu sepertinya kecil.

“Memang seperti Pak Waketum (Zainudin Amali) bicara, walaupun status tuan rumah Piala Dunia dicabut, bisa saja masih ada potensi untuk ikut menjadi peserta Piala Dunia di negara mana pun,” kata Shin Tae-yong di Hotel Sultan Jakarta pada Kamis (30/3/2023).

“Jika demikian pasti akan latihan normal lagi dan setelah selesai Piala Dunia saya akan fokus ke Timnas senior mulai dari FIFA Matchday di bulan Juni dan ada lagi Piala Asia di bulan Januari tahun depan (2024),” tambah Shin Tae-yong.

“Saya akan mempersiapkan Timnas senior biar bisa ikut Piala Dunia karena Piala Dunia berikutnya akan ada 8,5 tiket untuk Asia. Jadi saya akan berusaha agar bisa mencetak sejarah baru di ASEAN,” ujar pelatih asal Korea Selatan itu.

Sejauh ini belum ada negara ASEAN yang tampil di Piala Dunia. Baru Hindia Belanda yang pernah tampil, yakni pada edisi 1938 di Prancis.

Kualifikasi Piala Dunia 2026 akan mulai bergulir pada Oktober 2023. FIFA dan AFC belum melakukan undian untuk babak pertama.

error: Content is protected !!