Uzbekistan Juara Piala Asia Bisa Menambah Kepercayaan Diri Timnas U20

Foto: Asian Football Confederation

Bukan ingin berlebihan memuji tim kebanggaan. Keberhasilan Uzbekistan menjadi juara Piala Asia AFC U20 bisa membantu menambah kepercayaan diri Timnas Indonesia U20.

Timnas U20 adalah salah satu tim yang mampu menahan tuan rumah Uzbekistan selama berlangsungnya Piala Asia AFC U20 pada 1-18 Maret 2023.

Garuda Muda bermain imbang 0-0 melawan Uzbekistan pada 7 Maret 2023 di Stadion Istiqlol Fergana. Pertandingan itu menjadi salah satu penentu siapa saja wakil Grup A ke perempat final.

Karena hanya bermain seri dan di pertandingan lain Irak juga imbang melawan Suriah, Timnas U20 tidak maju ke babak perempat final.

Uzbekistan mendominasi permainan saat melawan Timnas U20. Penguasaan bola mereka 61 persen berbanding 39 persen milik Garuda Muda.

Uzbekistan melepas 18 tembakan dengan lima di antaranya tepat sasaran. Sementara Timnas U20 melepas enam tembakan dengan hanya satu yang tepat sasaran.

Lalu, apa yang bisa dibanggakan?

Dalam konferensi pers setelah pertandingan, pelatih Shin Tae-yong menyebut Timnas U20 mampu bermain baik melawan Uzbekistan yang sangat kuat secara fisik dan mendapat dukungan langsung dari 18.000 penonton.

Meski kecewa gagal maju ke babak berikut, bek Muhammad Ferarri tampak terlihat percaya diri setelah memperoleh hasil 0-0 melawan tim yang secara fisik jauh lebih kuat dari mereka.

Foto: Asian Football Confederation

Mendapat pertanyaan dari Kamustimnas.com setelah pertandingan lawan Uzbekistan, bahwa nanti di Piala Dunia U20 akan bertemu lawan-lawan yang secara fisik juga lebih kuat, Muhammad Ferarri berkata:

“Untuk saya dan rekan-rekan, kami akan mempersiapkan apa yang menjadi kekurangan selama di sini (Piala Asia) dari segi fisik, tapi seperti yang tadi kita lihat kami bisa mengendalikan permainan dalam beberapa saat”.

“Semua orang tahu kalau orang Indonesia dari segi fisik kalah, tapi tidak ada yang tidak mungkin dalam sepak bola. Kita bisa memberikan yang terbaik, kita bisa memanfaatkan karakter pemain kita yang cepat, seperti tadi kami bisa bermain pendek dan menahan Uzbekistan,” ujar Muhammad Ferarri.

Hasil akhir di Piala AFC U20 2023 bisa memunculkan pikiran dalam diri para pemain Timnas U20 bahwa mereka bisa selevel dalam 90 menit dengan juara Asia.

Hal tersebut tentu bagus untuk menambah semangat bekerja keras skuad Timnas U20 dalam persiapan menuju Piala Dunia FIFA U20 2023.

Uzbekistan menjadi kampiun Piala Asia AFC U20 setelah menang 1-0 atas Irak di laga final pada Sabtu (18/3/2023) di Stadion Bunyodkor Tashkent.

Sebelum ke final Uzbekistan mencatat hasil menang 2-0 atas Suriah, menang 1-0 atas Irak, seri 0-0 lawan Indonesia, imbang 1-1 dan menang adu penalti 5-4 atas Australia di perempat final, serta seri 0-0 dan menang adu penalti 3-1 atas Korea Selatan di semifinal.

error: Content is protected !!