Perjuangan Berat Sandy Walsh untuk Bermain di Timnas

Foto: PSSI

Sandy Walsh harus benar-benar melewati jalan yang sulit untuk bisa bermain bersama Timnas Indonesia.

Setelah gagal tampil di Piala AFF 2022 lalu karena mesti kembali ke klub KV Mechelen, Sandy Walsh dipastikan tidak bisa membela Timnas pada FIFA Matchday Maret 2023.

Pelatih Shin Tae-yong tidak memasukkan nama Sandy Walsh dalam daftar 28 pemain untuk pertandingan melawan Burundi pada 25 dan 28 Maret 2023 di Bekasi.

Padahal, setelah gagal tampil di Piala AFF 2022 lalu, Sandy Walsh berharap dapat melakukan debut bersama Timnas saat FIFA Matchday Maret 2023.

Sayang gangguan datang. Sandy Walsh mengalami cedera saat pertandingan Piala Belgia pada awal Februari 2022. Namun dia belum menyerah.

Dikutip dari kanal Youtubenya, @sandywalshofficial, bek kanan kelahiran Brussels pada 14 Maret 1995 ini bertekad untuk pulih secepat mungkin agar bisa bermain bersama Timnas.

Waktu ternyata tidak cukup untuk Sandy Walsh. Mantan pemain tim nasional Belanda U20 ini belum pulih benar dan fit untuk menjalani sebuah pertandingan.

“Saya mencoba untuk pulih secepatnya. Tetapi sayangnya waktu pemanggilan Timnas Indonesia terlalu cepat bagi saya,” kata Sandy Walsh di akun instagramnya.

Foto: PSSI

Jadi, tidak seperti Jordi Amat yang bersama dirinya menjalani sumpah sebagai WNI di Jakarta pada November 2022, atau Shayne Pattynama yang baru resmi menjadi WNI pada Januari 2023, Sandy Walsh harus menanti lebih lama untuk debut.

Penantian Sandy Walsh tidak hitungan bulan sejak resmi menjadi WNI pada November 2022. Dia sebenarnya sudah ingin membela Timnas sejak beberapa tahun lalu. Namun proses naturalisasi tidak pernah berjalan.

Saat itu, seperti yang dikatakan dalam wawancara di Eleven Sports, Sandy Walsh sampai sempat berpikir bahwa PSSI memang tidak menginginkan dirinya.

Baru setelah Shin Tae-yong beberapa waktu menjadi pelatih Timnas, proses naturalisasi Sandy Walsh berjalan dan akhirnya menjadi WNI pada November 2022.

Sandy Walsh harus menunda setidaknya tiga bulan lagi untuk memenuhi impian bermain bersama Timnas Indonesia. Rencananya, Timnas akan kembali bermain pada FIFA Matchday periode 12-20 Juni 2023.

“Garuda, saya akan menemuimu segera,” kata Sandy Walsh.

error: Content is protected !!