Peluang Debut Timnas Sandy Walsh dan Shayne Pattynama

Foto: KV Mechelen dan Viking FK

Pertandingan FIFA Matchday periode Maret 2023 sejak jauh hari diharapkan menjadi pertandingan debut Timnas bagi dua pemain naturalisasi Sandy Walsh dan Shayne Pattynama, tapi perjalanan tidak semulus yang diharapkan.

Sandy Walsh mengalami cedera saat bermain membela KV Mechelen di Piala Belgia pada 2 Februari 2023. Bek kanan ini sudah bekerja keras dalam melakukan pemulihan.

Sandy Walsh bertekad bisa pulih secepat mungkin agar bisa bermain untuk Timnas pada FIFA Matchday Maret 2023. Namun sampai sekitar 10 hari sebelum periode FIFA Matchday pada 20-28 Maret 2023, Sandy Walsh masih belum dalam kondisi fit untuk bermain.

Nama Sandy Walsh tidak ada dalam daftar pemain KV Mechelen di pertandingan lanjutan Liga Belgia melawan STVV pada Sabtu 11 Maret 2023 lalu.

KV Mechelen tinggal bermain satu kali lagi sebelum memasuki FIFA Matchday, yakni pada 19 Maret 2023 melawan Union Saint-Gilloise.

KV Mechelen tentu tidak akan begitu saja melepas Sandy Walsh ke Timnas jika sang pemain belum fit 100 persen.

Bagaimana dengan Shayne Pattynama? Bek kiri berdarah Belanda dan Indonesia ini mengikuti pramusim Viking FK. Sebelumnya pada fase akhir musim lalu dia absen karena cedera.

Eliteserien atau liga utama Norwegia baru akan mulai pada April 2023. Namun Viking FK sudah tampil di Piala Norwegia pada Maret 2023.

Masalahnya bukan kondisi Shayne Pattynama, tapi perpindahan federasi Shayne Pattynama yang terdaftar di FIFA yaitu dari Belanda ke Indonesia masih dalam proses.

Hal tersebut dikatakan oleh anggota Exco PSSI periode 2019-2023 yang mengurus masalah naturalisasi pemain keturunan, Hasani Abdulgani, di akun instagramnya menjawab pertanyaan netizen.

Masih ada waktu sebelum Timnas main di FIFA Matchday melawan Burundi pada 25 dan 28 Maret 2023.

error: Content is protected !!