Apakah Timnas U20 Akan Mendatangkan Pelatih Khusus Finishing?

Foto: AFC

Penyelesaian akhir Timnas U20 menjadi sorotan belakangan ini. Sebabnya Garuda Muda gagal mengkonversi peluang-peluang emas menjadi gol.

Tidak cuma di pertandingan pertama Piala Asia AFC U20 melawan Irak (1/3/2023). Sebelumnya finishing Timnas U20 di Turnamen Persahabatan Internasional juga menjadi sorotan.

Tidak sedikit netizen yang menyebut Timnas U20 kehilangan ketajaman sejak Dzenan Radoncic mengundurkan diri pada Oktober 2022 karena ingin menemani ibunya yang sedang sakit.

Bukan hanya di Timnas U20. Beberapa juga mengaitkan ketidaktajaman Timnas senior di Piala AFF 2022 dengan kepergian Dzenan Radoncic.

Dzenan Radoncic adalah asisten pelatih Shin Tae-yong untuk masalah teknik. Pria asal Montenegro ini mantan penyerang top di Liga Korea.

Dzenan Radoncic mencetak 60 gol dalam 203 penampilan bersama tiga klub berbeda di K-League. Dia pernah menjadi anak asuh Shin Tae-yong di klub Seongnam FC.

Dzenan Radoncic mulai bergabung dengan Timnas pada Oktober 2021, sebelum pertandingan play-off Kualifikasi Piala Asia 2023 melawan Taiwan di Buriram Thailand.

Dalam sesi-sesi latihan Timnas, baik senior maupun U23 dan U20, Dzenan Radoncic terlihat sering melatih para penyerang dengan melakukan latihan berulang kali menembak ke gawang atau sekadar bicara dengan mereka untuk memberi masukan.

Setelah Dzenan Radoncic pergi, Timnas U20 masih tetap melakukan latihan khusus penyelesaian akhir. Namun, dalam pertandingan Timnas U20 masih kesulitan mencetak gol.

Dalam sembilan pertandingan internasional sejak Oktober 2022, Timnas U20 hanya mencetak 10 gol.

Meski demikian, sebenarnya sejak Dzenan Radoncic masih ada di tim, finishing Timnas U20 sudah bermasalah.

Masih ingat Shin Tae-yong mengeluhkan lini depan Timnas U20 setelah gagal mencetak gol ke gawang Vietnam dan Thailand di Piala AFF U19 2022?

Sementara pengganti Dzenan Radoncic, Cho Byung-kuk, lebih sering bersama Nova Arianto melatih lini pertahanan Timnas U20. Cho Byung-kuk sendiri adalah mantan bek tengah.

Menghadapi Piala Dunia FIFA U20 pada 20 Mei-11 Juni 2023, menarik menanti apa yang akan dilakukan Shin Tae-yong untuk menuntaskan masalah finishing Timnas U20.

Apakah masalah akan selesai ketika penyerang keturunan Rafael Struick resmi mejadi WNI dan bergabung ke Timnas U20?

error: Content is protected !!