Semoga Spirit Anatoly Polosin Menempel di Timnas U20 selama di Uzbekistan

Foto: Dokumentasi Tabloid Bola

Masih tahu siapa Anatoly Fedorovich Polosin? Anatoly Polosin adalah salah satu pelatih terbaik yang pernah dimiliki tim nasional Indonesia.

Metode latihan fisik keras Anatoly Polosin mengantar Timnas Indonesia meraih medali emas SEA Games 1991 di Manila Filipina, kejayaan terakhir sepak bola Indonesia di level Asia Tenggara sampai sekarang.

Lalu apa kaitan Anatoly Polosin dengan Timnas U20 yang akan tampil di Piala Asia AFC U20 pada 1-18 Maret 2023 di Uzbekistan?

Ada alasan lain selain Anatoly Polosin dan pelatih Timnas U20 sekarang, Shin Tae-yong, sama-sama mementingkan fisik pemain yang bagus.

Dari beberapa sumber diketahui bahwa Anatoly Polosin lahir di Tashkent Uzbekistan pada 30 Agustus 1935. Anatoly Polosin adalah orang Rusia yang lahir di Tashkent.

Selama berkarier sebagai pelatih di sepak bola Uni Soviet, Anatoly Polosin dikenal sebagai pelatih yang percaya bahwa kesuksesan tim akan bergantung pada kesiapan fisik pemain.

“Sangat penting bagi saya untuk mengetahui bagaimana penampilan para pemain saat lelah,” kata Polosin menjelaskan alasan meningkatnya beban latihan di klub FC Fakel Voronech pada 1989, dikutip dari sportfiction.ru.

Latihan dengan menu lari menanjak di pagi hari, latihan sepak bola di pasir, lari lintas alam 10 kilometer menjadi rutinitas harian selama pramusim di klub FC Fakel Voronech.

Pada akhir musim 1989, FC Fakel Voronech menempati peringkat lima Liga 1 Uni Soviet (kasta kedua Uni Sovet), sebuah pencapaian yang disebut sangat baik untuk klub.

Sama seperti ketika Anatoly Polosin memegang Timnas untuk persiapan ke SEA Games 1991. Pemain-pemain seperti Aji Santoso, Sudirman, Kashartadi, dan Robby Darwis pernah mengaku betapa beratnya latihan di era Anatoly Polosin, yang meninggal dunia di Moskow pada September 1997.

Sekarang Timnas U20 berada di Tashkent, kota kelahiran Anatoly Polosin. Semoga pemain Timnas U20 selalu memiliki spirit untuk bekerja keras sampai batas akhir seperti yang selama ini diajarkan Shin Tae-yong, dan dulu menjadi filosofi Anatoly Polosin.

Pada Grup A Piala Asia U20 2023 Indonesia akan bertanding melawan Irak pada 1 MAret 2023 di Tashkent, melawan Suriah pada 4 Maret 2023 di Tashkent, dan melawan Uzbekistan pada 7 Maret 2023 di Fergana.

error: Content is protected !!