Dua Target Besar Terdekat bagi Timnas Indonesia

Dalam waktu empat bulan ke depan ada dua target besar bagi dua kelompok tim nasional Indonesia asuhan pelatih kepala Shin Tae-yong.

Timnas U23 memiliki ambisi menjadi juara SEA Games 2021 yang akan digelar di Vietnam pada Mei 2022.

Pemerintah (Kemenpora) dan PSSI sangat ingin Indonesia meraih medali emas sepak bola putra di SEA Games, yang terakhir kali diraih pada 1991.

Pelatih Shin Tae-yong paham terhadap ambisi tersebut

“Memang saya ingin mengantarkan Indonesia menjadi juara Piala AFF U23,” ungkap Shin Tae-yong di Podcast Close The Door miliki Deddy Corbuzier, pada 11 Januari 2022.

“Namun, selain itu, saya lebih mementingkan pada bulan Mei ada SEA Games dan saya ingin fokus ke sana,” kata Shin Tae-yong.

Karena itu, Shin Tae-yong berencana memanggil pemain-pemain abroad alias pemain-pemain Indonesia yang berkarir di luar negeri, meski SEA Games tidak masuk FIFA Matchday.

Dari segi usia, Egy Maulana Vikri, Witan Sulaeman (FK Senica Slovakia), Elkan Baggott (Ipswich Town U23 Inggris), dan Asnawi Mangkualam (Ansan Greeners Korea Selatan) masih masuk kualifikasi untuk bermain di SEA Games.

Selain itu, pada SEA Games nanti setiap tim bisa memainkan tiga pemain di atas 23 tahun. Apakah calon pemain naturalisasi, Sandy Walsh dan Jordi Amat, bakal masuk skuad?

Untuk Timnas senior, keinginan Shin Tae-yong untuk bisa memainkan pemain keturunan Indonesia di Eropa menjadi sinyal kalau sang pelatih ingin skuad Garuda bisa bersaing di Kualifikasi Piala Asia 2023 pada Juni 2022.

Shin Tae-yong adalah pelatih level elite Asia. Dia pernah juara Liga Champion Asia dan membawa Korea Selatan meraih kemenangan atas Jerman di Piala Dunia.

Pelatih sekaliber Shin Tae-yong jelas ingin terlibat di panggung besar seperti Piala Asia 2023.

Para pemain Timnas pun memiliki ambisi untuk tampil di Piala Asia 2023 yang akan digelar di China pada Juni 2023.

Wakil kapten Asnawi Mangkualam dan calon pemain naturalisasi Sandy Walsh sudah menyatakan target mereka untuk lolos ke Piala Asia 2023.

Add a Comment

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

error: Content is protected !!