Daftar Pelatih Indonesia yang Membantu Shin Tae-yong di Timnas Indonesia

Transfer ilmu dari pelatih level elite asal Korea Selatan kepada pelatih Indonesia. Hal itu menjadi salah satu yang diharapkan dari kehadiran Shin Tae-yong di Indonesia.

Nova Arianto sudah dua tahun menjadi asisten pelatih tim nasional Indonesia. Tentu sudah banyak ilmu yang diperoleh Nova Arianto dari Shin Tae-yong dan sejumlah asistennya asal Korea Selatan.

Selain Nova Arianto juga ada Alex Aldha Yudi yang mendampingi pelatih fisik Lee Jae-hong dan kemudian Shin Sang-gyu serta Sahari Gultom yang mendampingi pelatih kiper Kim Hae-woon dan kemudian Kim Bong-soo di Timnas.

Namun kontrak Alex Aldha Yudi dan Sahari Gulton di Timnas Indonesia sudah tidak diperpanjang sejak Januari 2022.

Pelatih kepala Timnas U16, Bima Sakti, juga diajak Shin Tae-yong untuk membantu tim nasional U18 dalam sesi seleksi di Jakarta dan pemusatan latihan di Antalya Turki pada November 2021.

Shin Tae-yong kembali melibatkan Bima Sakti, kali ini dalam pemusatan latihan Timnas U23 di Bali untuk persiapan ke Piala AFF U23 di Kamboja.

Bima Sakti tidak sendirian. Pelatih kiper Timnas U18, Markus Horison juga terlibat dalam TC Garuda Muda menuju Piala AFF U23.

“Latihan kali ini langsung dipimpin pelatih Shin Tae-yong. Selain para asisten Shin Tae-yong, hadir juga staf kepelatihan Timnas Indonesia U16, yakni pelatih kepala Bima Sakti dan sang asisten Markus Horison”.

Demikian keterangan resmi di laman pssi.org setelah sesi latihan Timnas U23 pada Senin (7/2/2022) di Gelora Samudra Kuta.

Pelatih Indonesia yang Membantu Shin Tae-yong
Indra Sjafri
Asisten pelatih
Januari 2020

Nova Arianto
Asisten pelatih
Januari 2020 sampai sekarang

Sahari Gultom
Asisten pelatih kiper
Januari 2020-November 2021

Alex Aldha Yudi
Asisten pelatih fisik
Februari 2020-November 2021

Bima Sakti
November 2021 (Timnas U18)
Februari 2022 (Timnas U23)

Markus Horison
Februari 2022 (Timnas U23)

Add a Comment

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

error: Content is protected !!