Memiliki Pelatih Sekaliber Shin Tae-yong, Timnas Harus Lolos Piala Asia

Shin Tae-yong adalah pelatih elite di Asia. Pelatih asal Korea Selatan ini pernah membawa tim juara Liga Champion Asia dan menang di pertandingan Piala Dunia.

Nama besar Shin Tae-yong sebagai pelatih elite Asia jelas akan tercoreng jika Timnas Indonesia gagal melewati Taiwan di play-off Kualifikasi Piala Asia 2023.

Shin Tae-yong juga akan mendapat stempel gagal jika Indonesia kemudian tidak berhasil meraih salah satu dari 11 tiket tersisa ke putaran final di Kualifikasi Piala Asia 2023.

Berkompetisi di putaran final Piala Asia 2023 di China adalah hal yang seharusnya untuk pelatih seperti Shin Tae-yong.

Masalahnya, secara tim dan materi pemain skuad Garuda saat ini belum layak untuk bersaing dengan tim-tim terbaik di Asia.

Kekalahan telak 0-4 dari Vietnam dan 0-5 dari Uni Emirat Arab pada Kualifikasi Piala Dunia 2022 pada 7 dan 11 Juni 2021 di Dubai menjadi bukti.

Para pemain muda di generasi baru Timnas bentukan Shin Tae-yong masih memerlukan banyak tambahan pengalaman pertandingan internasional.

Jadi, Timnas perlu memainkan banyak pertandingan uji coba internasional sebelum tampil melawan Taiwan pada 7 September dan 12 Oktober 2021.

Jika sukses melewati Taiwan, Timnas harus terus menjalani laga-laga uji coba internasional agar benar-benar siap ketika tampil di Kualifikasi Piala Asis 2023 mulai Februari 2022.

Selain menambah jam pertandingan internasional, langkah cepat untuk menaikkan kualitas Timnas adalah menaturalisasi pemain level Eropa.

Belum lama ini media-media mengabarkan kalau Shin Tae-yong sudah mengontak Sandy Walsh, bek berdarah Indonesia yang bermain di klub divisi satu Belgia, KV Mechelen.

Sandy Walsh ingin membela Timnas. Namun, proses naturalisasi mantan pemain tim nasional Belanda U20 ini tidak mengalami perkembangan sejak 2019.

Pemain bertahan serba bisa milik klub Fiorentina, Kevin Diks, juga sangat ingin membela negara nenek moyangnya, Indonesia.

Menurut pengakuan Sesmenpora, Gatot S Dewa Broto, setelah Marc Klok pada 2020 belum ada lagi pengajuan naturalisasi pemain dari PSSI kepada Kemenpora.

Menanggapi hasil undian play-off Kualifikasi Piala Asia 2023, Sekjen PSSI Yunus Nusi mengatakan bahwa federasi akan mendukung program Shin Tae-yong untuk neloloskan Timnas ke Piala Asia 2023.

Jika dalam program Shin Tae-yong ada penambahan pemain level Eropa, PSSI harus bergerak cepat mengajukan naturalisasi pemain berkualitas seperti Sandy Walsh.  

Add a Comment

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

error: Content is protected !!