Indonesia Raih Poin Pertama di Kualifikasi Piala Dunia 2022

Timnas Indonesia meraih poin pertama di Kualifikasi Piala Dunia 2022 setelah mampu dua kali menyamakan kedudukan untuk bermain seri 2-2 dengan Thailand pada Kamis 3 Juni 2021 di Stadion Al Maktoum Dubai Uni Emirat Arab.

Timnas tampil dengan generasi baru, jauh berbeda dari tim asuhan Simon McMennemy yang menderita kekalahan pada lima pertandingan pertama di Kualifikasi Piala Dunia 2022 pada tahun 2019.

Pelatih Shin Tae-yong menampilkan muka-muka baru berusia muda. Hanya gelandang Evan Dimas yang sebelumnya tampil di Kualifikasi Piala Dunia 2022 pada tahun 2019.

Namun Timnas generasi baru kesulitan mengembangkan permainan di awal laga. Thailand langsung menekan.

Hasilnya adalah gol di menit kelima melalui tendangan Narubadim Weerawatnodom setelah memanfaatkan kemelut di depan gawang setelah sepak pojok.

Timnas perlahan mengancam pertahanan lawan dengan mengandalkan serangan balik dan ruang kosong di pertahanan Thailand.

Menit ke-39, Kadek Agung menyamakan kedudukan setelah memanfaatkan umpan terobosan Syahrian Abimanyu. Skor 1-1 bertahan sampai akhir babak pertama.

Shin Tae-yong tidak melakukan perubahan pemain di jeda antar babak. Thailand kembali langsung menekan. Setelah beberapa serangan akhirnya Thailand kembali mencetak gol.

Menit 50, penyerang Adisak Kraisorn berhasil menyundul masuk umpan dari sisi kiri.

Namun 10 menit kemudian Timnas kembali berhasil menyamakan kedudukan melalui kapten Evan Dimas.

Gol berawal dari pergerakan Egy Maulana Vikri di sisi kiri pertahanan Thailand. Egy Maulana Vikri memotong ke dalam dan melepas tembakan ke arah gawang dari area garis kotak penalti.

Bola tembakan Egy Maulana Vikri mengenai bek Thailand dan bola mengarah ke Evan Dimas yang melakukan pergerakan tanpa bola ke depan gawang. Lolos dari jebakan offside, Evan Dimas kemudian menaklukkan kiper.

Dalam waktu yang tidak berjauhan dua sayap Timnas mengalami cedera.

Pertama Egy Maulana Vikri mendapat gangguan di bahu sehingga diganti Osvaldo Haay. Kemudian Witan Sulaeman cedera paha dan digantikan oleh Adam Alis.

Masih memanfaatkan ruang kosong di pertahanan lawan Indonesia mampu mengancam pertahanan Thailand.

Salah satunya dari hasil kerja sama satu dua Osvaldo Haay dan Pratama Arhan di sisi kanan pertahanan lawan.

Osvaldo Haay lepas masuk kotak penalti dan mengirim umpan tarik ke muka gawang. Sayang Kushedya Hari Yudo kalah duel dari bek Thailand.

Secara umum di sisa pertandingan Timnas lebih banyak bertahan menghadapi agresivitas Thailand yang memburu kemenangan untuk membuka peluang maju ke babak berikut Kualifikasi Piala Dunia 2022.

Berkat daya juang tinggi dari pemain-pemain Timnas dalam mengawal pertahanan, Thailand gagal mencetak gol. Skor akhir 2-2.

Add a Comment

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

error: Content is protected !!