Lemparan jauh Pratama Arhan: Instruksi dari pelatih

Foto: AFC

Lemparan ke dalam jauh Pratama Arhan menjadi salah satu senjata Timnas Indonesia, baik senior maupun U23, untuk mendapatkan peluang mencetak gol.

Pratama Arhan tidak asal melempar jauh ke arah gawang. Dalam Piala Asia AFC U23 di Qatar pada 15 April-3 Mei 2024, saat Timnas bermain di Stadion Abdullah bin Khalifa Doha, di mana Kamustimnas.com bisa melihat jelas apa yang terjadi di tepi lapangan karena jarak dengan tribun media yang sangat dekat, tim pelatih sering memberi instruksi kepada Pratama Arhan.

Yoo Jae-hoon beberapa kali terlihat memberi instruksi kepada Pratama Arhan, setelah mantan kiper Persipura itu mendapat petunjuk dari pelatih kepala Shin Tae-yong. Apa yang diucapkan Yoo Jae-hoon cukup jelas terdengar dari tribun media, tapi mengingat itu adalah strategi tim jadi tidak perlu diinformasikan secara detail. Yang jelas pelatih meminta ke arah dan bagian mana Pratama Arhan mesti melempar bola.

Saat sebelum lemparan ke dalam, yang mendapat instruksi bukan hanya Pratama Arhan. Pemain lain juga. Tim pelatih meminta penyerang Rafael Struick untuk berdiri atau bersiap menerima bola di posisi tertentu. Pemain yang tidak masuk ke kotak penalti juga. Biasanya Rio Fahmi atau Fajar Fathur Rahman dan Witan Sulaeman yang diminta berada di posisi bertahan untuk mengantisipasi serangan balik lawan.

Baca juga statistik lemparan jauh Pratama Arhan dalam mengawali gol Timnas.

error: Content is protected !!