Shin Tae-yong percaya Timnas Indonesia akan terus tumbuh dan menjadi lebih baik

Shin Tae-yong dalam sesi latihan Timnas U23 di Qatar University. Foto: Kamustimnas.com

Pelatih Shin Tae-yong percaya Timnas Indonesia akan terus berkembang dan menjadi lebih baik dari yang sudah mereka perlihatkan di Piala Asia AFC U23 2024.

Banyak pemain Timnas U23 yang juga berstatus pemain Timnas senior. Setidaknya ada 13 pemain. Jadi, gambaran seperti apa Timnas senior ke depan dapat dilihat dari penampilan Garuda Muda di turnamen yang berlangsung di Qatar pada 15 April-3 Mei 2024.

Timnas U23 menempati peringkat empat setelah kalah 0-2 dari Uzbekistan di semifinal dan kalah 1-2 dari Irak di perebutan peringkat tiga. Indonesia pun gagal meraih tiga tiket langsung milik Asia ke Olimpiade Paris 2024.

Meski hasilnya seperti itu, Shin Tae-yong menilai timnya tetap pantas mendapat pujian. Faktanya, para peserta Piala Asia AFC U23 2024 dan juga jurnalis dari media luar negeri, mengakui bahwa Timnas U23 adalah tim yang sangat baik.

“Pertandingan hari ini melawan Indonesia merupakan yang paling sulit. Indonesia telah berkembang dan menjadi pesaing yang bagus,” kata pelatih Irak Radhi Shenaishil dalam konferensi pers setelah melawan Indonesia di Stadion Abdullah bin Khalifa Doha Qatar (2/5/2024). Di kesempatan lain, jurnalis Korea Selatan berkata kepada Kamustimnas.com, “Tim Anda bermain sangat baik,” ucap Kim Hwan dari Xportsnews.

Shin Tae-yong pada konferensi pers setelah mengalahkan Yordania (21/4/2024). Foto: Kamustimnas.com

Timnas U23 membuka perjalanan di turnamen dengan kekalahan 0-2 dari tuan rumah Qatar 0-2 dalam laga yang diwarnai keputusan kontroversial wasit. Setelah itu Garuda Muda mengalahkan tim favorit Asutralai 1-0 dan mengalahkan Yordania 4-1.

Kejutan lebih besar tercipta di babak perempat final. Timnas U23 membuat tim favorit dari negara raksasa sepakbola Asia dan langganan peraih tiket Olimpiade Korea Selatan tidak berkembang permainannya. Meski demikian Timnas U23 harus melalui adu penalti untuk meraih kemenangan bersejarah.

“Banyak yang menyadari performa Indonesia sudah berkembang drastis sejauh ini sejak pertandingan pertama di turnamen ini. Saya pikir tim saya pantas mendapat pujian dan sanjungan dari publik,” kata Shin Tae-yong menjawab Kamustimnas dalam konferensi pers setelah pertandingan lawan Irak di Stadion Abdullah bin Khalifa Doha Qatar (2/5/2024).

“Saya sangat menghargai kinerja tim saya. Semua pemain dan anggota tim melakukan yang terbaik, mereka melakukan upaya besar,” ujarnya.

Shin Tae-yong dan Ernando Ari setelah melawankan Korea Selatan (25/4/2024). Foto: Kamustimnas.com

Shin Tae-yong percaya Piala Asia AFC U23 2024 bukan pencapaian hebat akhir dari Indonesia. Pelatih asal Korea Selatan itu percaya Timnas akan menjadi tim yang lebih baik lagi kedepannya.

“Seperti yang saya sebutkan sebelumnya, dalam pernyataan awal saya, orang-orang mengakui perkembangan kami. Dalam beberapa tahun ke depan, kami masih akan berkembang dan terus berkembang. Jadi, saya yakin kami akan terus tumbuh dan menjadi tim yang lebih baik,” tutupnya.

Di depan ada pertandingan play-off perebutan tiket Olimpiade 2024 melawan Guinea di Prancis pada 9 Mei 2024. Setelah itu Timnas senior akan melawan Irak dan Filipina pada Juni 2024 untuk menentukan keberhasilan maju ke babak ketiga Kualifikasi Piala Dunia FIFA 2026.

error: Content is protected !!