Timnas U23 menang dengan permainan sangat baik

Timnas U23 merayakan gol ke gawang China Taipei

Jika diibaratkan seperti pertarungan tinju, Timnas Indonesia U23 mampu memukul jatuh Yordania di atas ring yang membuat tim dari Timur Tengah itu mesti mengaku kalau lawan memang lebih baik dan kuat dari mereka.

“Selamat untuk Indonesia. Mereka pantas menang karena bermain sangat baik,” kata pelatih Yordania, Abdullah Abu Zema, dalam konferensi pers setelah pertandingan di Stadion Abdullah bin Khalifa, Doha Qatar, pada Minggu malam (21/4/2024)

Skor dan permainan di lapangan menunjukkan bahwa Timnas U23 memang lebih baik. Indonesia menang 4-1 dan memastikan tempat di babak perempat final Piala Asia AFC u23 2024 dengan posisi sebagai runner-up Grup A.

Proses gol-gol Timnas menunjukkan bahwa permainan Garuda Muda memang lebih baik. Yordania tidak bisa mengatasi permainan bola-bola pendek satu atau dua sentuhan dari Marselino Ferdinan dkk.

Penalti yang menjadi gol pertama Indonesia muncul setelah Timnas U23 memainkan permainan operan-operan pendek cepat yang berujung pelanggaran terhadap Rafael Struick. Marselino Ferdinan sukses menjalankan tugas sebagai eksekutor penalti di menit ke-23.

“Setelah mencetak gol pertama, Indonesia kemudian memegang penuh kendali permainan,” kata Abdullah Abu Zema.

Marselino Ferdinan setelah membawa Tmnas U23 unggul. Foto: PSSI

Gol kedua dapat mewakili cantiknya permainan Timnas U23. Gol berawal dari kerja sama Marselino Ferdinan, Rizky Ridho, dan Witan Sulaeman. Pemain yang disebut terakhir melepas tembakan penempatan yang indah.

Gol ketiga juga lahir dari kerja sama yang enak dilihat. Gol datang dari permainan operan Marselino Ferdinan dan Witan Sulaeman. Marselino Ferdinan tidak perlu menembak keras, dia cukup mendorong bola untuk membuat kedudukan menjadi 3-0.

Sayang Timnas U23 gagal cleansheet. Pada menit 79 tembakan pemain Yordania mengenai kaki Justin Hubner dan bola masuk ke gawang tanpa bisa dicegah kiper Ernando Ari.

Witan Sulaeman, satu gol dan satu assist. Foto: AFC

Suporter khawatir Yordania akan menambah gol lagi. Tapi tak lama kemudian, di menit 86, sundulan Komang Teguh memanfaatkan lemparan jauh Pratama Arhan masuk ke gawang.

Meski mampu mencetak empat gol dan menan dengan slisih tiga gol, gelandang Marselino Ferdinan mengaku kalau pertandingan sebenarnya berjalan sulit.

“Ini pertandingan yang sulit, pertandingan yang berat, tapi kami bermain sangat baik. Ya menurut saya ini permainan terbaik,” kata Marselino Ferdinan.

error: Content is protected !!