Komentar Shin Tae-yong dalam konferensi pers setelah Timnas U23 mengalahkan Yordania

Shin Tae-yong dalam konferensi pers setelah Timnas U23 mengalahkan Yordania (21/4/2024) di Stadion Abdullah bin Khalifa. Foto: Kamustimnas.com

Shin Tae-yong memberikan keterangan kepada perwakilan media dalam konferensi pers setelah Timnas Indonesia U23 menang 4-1 atas Yordania dalam laga terakhir Grup A Piala Asia AFC U23 pada Minggu (21/4/2024) di Stadion Abdullah bin Khalifa Doha Qatar.

Mengenai pertandingan (Media Officer AFC)
Saya sangat senang kami berhasil mencapai perempat final. Pertama saya harus mengucapkan banyak terima kasih kepada para pemain kami.

Hari ini Ketua Umum PSSI Erick Thohir serta Menteri Pemuda dan Olahraga (Dito Ariotedjo) hadir. Mereka semua di sini, menyemangati kami, jadi saya senang kami melakukan pekerjaan dengan baik di lapangan hari ini.

Saya ingin berbagi kemenangan ini tidak hanya dengan para pemain, tetapi juga kepada semua orang di PSSI dan seluruh suporter Indonesia. Saya sangat berterima kasih kepada para pemain kami yang tampil sangat baik.

Selamat, Anda kembali mencetak sejarah. Sebelum turnamen Anda menyebut menargetkan maju ke babak semifinal (Kamustimnas)
Kami, sepak bola Indonesia, sempat berada di bawah, dalam hal performa, jadi kami harus berkembang. Untuk itu saya menerima tawaran untuk menjadi pelatih Timnas Indonesia.

Saat ini kami membuat sejarah ini dengan para pemain saya. Saya sangat senang dan saya pikir di turnamen ini saya mencapai 50 persen dari apa yang saya targetkan. Di perempat final kami belum tahu siapa yang akan kami lawan, antara Korea Selatan dan Jepang. Saya akan menontonnya besok dan mempersiapkan tim dengan baik.

Foto: AFC

Tim Anda tidak pernah berhenti berlari dan memiliki organisasi yang baik di pertandingan tadi. Bagaimana Anda membangun spirit tersebut? (Media Jepang)
Perlu waktu empat tahun, tapi dalam empat tahun itu, selama dua tahun saya tidak dapat mendapatkan hasil yang diinginkan karena adanya pandemi Covid-19. Kemudian pada dua tahun berikutnya saya pikir kami meningkat dalam sektor tersebut.

Bagaimana Anda menilai tim Jepang (Media Jepang)
Sepanjang yang saya ketahui tim Jepang sangat cepat, pemain-pemainnya berkualitas hebat. Sudah pasti melawan Jepang akan menjadi pertandingan yang sulit bagi kami, tetapi kami tidak akan pernah menyerah. Kami memiliki waktu untuk mempersiapkan diri.
Menurut saya tim Jepang sangat kompak. Jadi, kami akan melakukan yang terbaik untuk mendapatkan persiapan yang baik menjelang pertandingan.

Apa yang Anda katakan kepada tim setelah kalah di pertandingan pertama sehingga kemudian bisa bangkit. Seberapa besar keyakinan untuk laga ke depannya setelah meraih dua kemenangan. (Media AFC)
Sejujurnya pertandingan pertama itu (Melawan Qatar) seperti pertunjukkan komedi. Kita harus melangkah maju dan tidak boleh memainkan pertandingan seperti itu lagi.

Jika wasit menjalankan tugasnya dengan fairplay, saya sangat yakin hasil akhir pertandingan akan berbeda.

Saya mengatakan kepada para pemain saya untuk melupakan pertandingan tersebut dan kami mesti terus melangkah. Kami berhasil mendapatkan kembali kepercayaan diri setelah kami memenangkan pertandingan melawan Australia.

Kemudian untuk persiapan pertandingan berkutnya, malam ini, saya kembali menekankan kepada para pemain untuk tampil penuh percaya diri. Para pemain memperlihatkannya di lapangan.

Terlepas dari hasil menang atau kalah di babak perempat final nanti, kami akan tampil 100 persen di lapangan.

error: Content is protected !!