Timnas di panggung Asia: Karena ada Shin Tae-yong

Shin Tae-yong dalam konferensi pers di Stadion Abdullah bin Khalifa (18/4/2024). Foto: Kamustimnas

Pertandingan dan konferensi pers Timnas Indonesia U23 di Piala Asia AFC U23 tidak hanya dihadiri jurnalis Indonesia atau dari negara yang menjadi lawan skuad Garuda Muda. Sejauh ini selalu ada perwakilan dari media Korea Selatan.

Penyebabnya apa lagi kalau bukan karena pelatih Shin Tae-yong. Media dari Korea Selatan ternyata tidak hanya ingin bertanya kepada pelatih tim nasional mereka di Piala Dunia FIFA 2018 itu.

Media Korea Selatan juga ingin tahu seperti apa komentar para pemain Timnas Indonesia U23 tentang Shin Tae-yong. Jurnalis dari Korea Selatan menunjukkan foto di telepon selularnya saat wawancara Pratama Arhan dengan bantuan penerjemah Jeong Seok-seo.

Setelah pertandingan melawan Australia, di mixedzone Stadion Abdullah bin Khalifa Doha Qatar, Kamis (18/4/2024), mereka ingin tahu komentar dari gelandang Marselino Ferdinan mengenai Shin Tae-yong. Penerjemah Timnas Jeong Seok-seo membantu wawancara itu.

Namun mereka tidak langsung menanyakan itu ke Marselino Ferdinan. Ternyata karena tidak jauh dari lokasi ada Shin Tae-yong yang sedang diwawancara media lain dari Korea Selatan.

Interviu Shin Tae-yong sudah kelar. Pelatih kelahiran Yeongdeok itu melewati Marselino Ferdinan yang sedang berhadapan dengan wartawan Korea Selatan dan juga Kamustimnas.

Shin Tae-yong bercanda dan menepak bagian belakang kuping Marselino Ferdinan. Semua tertawa. Pelatih kelahiran 11 Oktober 1970 itu kemudian berjalan menuju bus Timnas.

Pertanyaan yang paling dinanti-nanti pun keluar. “Karena coach Shin sudah pergi, jadi bisa bertanya. Bagaimana menurut kamu, coach Shin itu seperti apa? Sejujur mungkin ya!” tanya jurnalis asal Korea Selatan.

“Semua pemain respek kepada coach Shin. Dia membantu Timnas Indonesia berkembang, jadi kita sangat respek kepada coach Shin. Dia baik, tegas, disiplin juga, tapi kadang juga banyak marah-marah, tapi gak apalah, dan juga sedikit ngeselin,” kata Marselino Ferdinan. Para jurnalis Korea pun tertawa kecil.

Jurnalis Korea Selatan kemudian menantang Marselino Ferdinan untuk mengikuti gerakan menari Shin Tae-yong dalam kampanye komersial terbarunya. “Sudah lihat?,” tanya mereka. Gelandang KMSK Deinze (Belgia) ini kemudian ditanya apakah gerakan menari coach Shin sudah bagus?

Kata Marselino Ferdinan sudah lebih baik dari sebelumnya, tapi belum oke sekali. “Ya, nilainya masih tujuh,” ucap Marselino Ferdinan. Coba bayangkan apa yang terjadi kalau Shin Tae-yong ada di samping Marselino Ferdinan dan mendengar jawaban itu.

error: Content is protected !!