Keberhasilan Ernando Ari menggagalkan penalti bersama Timnas U23

Ernando Ari menggagalkan penalti striker Australia Mohamed Toure (18/4/2024). Foto: AFC

Kiper Timnas Indonesia U23, Ernando Ari, memiliki cerita bagus saat menghadapi tendangan penalti pemain Australia U23.

Keberhasilan Ernando Ari menepis penalti striker Australia Mohamed Toure pada Kamis (18/4/2024) di Stadion Abdullah bin Khalifa bukanlah yang pertama. Sebelumnya kiper kelahiran Semarang ini sudah pernah menggagalkan penalti penyerang Australia U23.

Momen penyelamatan penalti itu terjadi pada 26 Oktober 2021 di Central Republican Stadium di Dushane Tajikistan. Pada menit kelima, Ernando Ari menangkis tembakan James Wood ke sisi kanan dan kemudian menangkap bola.

Sama seperti di Qatar, saat penalti kedudukan masih imbang 0-0. Bedanya, saat itu Timnas U23 akhirnya kalah 2-3, sementara pada 18 April 2024 skuad Garuda Muda menang 1-0.

Ernando Ari memang jago dalam menghadapi penalti. Khusus bersama Timnas U23, kiper Persebaya ini juga berhasil menggagalkan penalti Vietnam dalam final Piala AFF U23 di Rayong Thailand.

Namun dalam babak adu penalti Ernando Ari gagal melakukan penyelamatan dan saat dipercaya menjadi eksekutor tembakannya tidak masuk. Timnas U23 kalah 5-6 melalui adu penalti.

Selain itu, Ernando Ari menjadi bintang dalam kemenangan Indonesia U23 atas Malaysia di pertandingan perebutan medali perunggu SEA Games 2021 di Vietnam pada Mei 2022. Dia mengagalkan dua penalti Malaysia.

error: Content is protected !!