Timnas protes ke AFC terkait wasit di pertandingan melawan Qatar

Indonesia U23 vs Qatar U23. Foto: AFC

Timnas Indonesia U23 melalui PSSI secara resmi mengajukan protes ke AFC terkait kepemimpinan wasit Nasrullo Kabirov di pertandingan pertama Piala Asia AFC U23 2024 melawan Qatar pada Senin (15/4/2024).

Kubu Timnas U23 menilai wasit asal Tajikistan itu membuat keputusan-keputusan yang merugikan Indonesia. Di laga ini Nasrullo Kabirov memberikan penalti untuk Qatar setelah terjadi duel antara Rizky Ridho dan pemain lawan, serta dua kartu merah untuk Ivar Jenner dan Ramadhan Sananta.

Pelatih Shin Tae-yong sampai menyebut setiap Timnas berusaha untuk menembus pertahanan Qatar, wasit selalu menghentikan laga. Di pertandingan ini Timnas U23 kalah 2-0 dari Qatar U23.

“Dengan adanya kejadian yang seperti itu kami melihat ada keberpihakan dari wasit yang memimpin pertandingan. Tentu kami langsung melayangkan protes setelah pertandingan selesai. Kami langsung berkirim surat ke AFC agar ada tindakan yang nyata,” kata Ketua Badan Tim Nasional (BTN), Sumardji, dalam rilis Media PSSI.

“Jangan sampai terjadi dan terulang kembali pertandingan sebesar ini dipimpin oleh wasit yang tidak mempunyai, satu kecakapan, yang kedua integritas, dan ketiga yang utama adalah fairplay, baik itu wasit yang memimpin pertandingan maupun (wasit) VAR, sehingga ke depan kami menginginkan adanya suatu pertandingan yang betul-betul mendapatkan fairplay, tidak memihak kepada salah satu tim yang dampaknya akan merugikan tim lain,” tambah Sumardji yang juga anggota Exco PSSI.

error: Content is protected !!