PSSI targetkan proses naturalisasi dua calon pemain Timnas selesai pada Maret

Foto: PSSI

PSSI menargetkan proses naturalisasi dua calon pemain Timnas Indonesia, Thom Haye dan Ragnar Oratmangoen, dapat tuntas pada pertengahan Maret 2024.

Thom Haye sudah menjalani proses wawancara di Badan Intelejen Negara (BIN) dan tes medis di Jakarta pada akhir Desember 2023. Sementara PSSI telah mendatangkan dan memperkenalkan Ragnar Oratmangoen sebagai calon pemain naturalisasi pada November 2023.

Persetujuan dari Dewan Perwakilan Rakyat (DPR) untuk naturalisasi dua pemain itu belum dapat dilakukan. Sebabnya DPR masih dalam masa reses atau masa di mana anggota DPR melakukan kegiatan di luar masa sidang, yakni dari 7 Februari sampai 4 Maret 2024.

“Yang pasti kami bersama dengan pak Sekjen (Yunus Nusi) dan pak Arya (Exco PSSI) akan mengurus proses naturalisasi Thom Haye dan Ragnar Oratmangoen bisa tuntas pada pertengahan Maret ini, sehingga mereka bisa tampil saat melawan Vietnam,” kata Ketua Umum PSSI Erick Thohir di Jakarta pada Selasa (20/2/2024), dikutip dari Antaranews.com.

Foto: PSSI

Gelandang Thom Haye sejak Januari 2022 bermain di SC Heerenveen, klub anggota Liga 1 Belanda. Dia pemain inti di sana. Pemain kelahiran tahun 1995 ini memiliki kakek asal Solo dan nenek asal Sulawesi.

Gelandang serang dan penyerang Ragnar Oratmangoen bermain di Fortuna Sittard, yang juga tampil di Liga 1 Belanda. Dia berstatus pemain pinjaman dari FC Groningen. Pemain kelahiran tahun 1998 ini memiliki kakek asal Maluku.

Foto: Fortuna Sittard

Timnas akan menjalani pertandingan lanjutan Kualifikasi Piala Dunia 2026 melawan Vietnam pada 21 dan 26 Maret 2024. Timnas harus menang untuk menjaga asa maju ke babak berikut setelah sebelumnya kalah 1-5 dari Irak dan seri 1-1 melawan Filipina.

Kita tunggu apakah Thom Haye dan Ragnar Oratmangoen bisa tampil melawan Vietnam. Yang jelas setelah persetujuan dari DPR masih ada proses lainnya, yakni pengambilan sumpah sebagai WNI. Untuk proses itu mereka harus hadir di Jakarta dan mereka punya agenda bersama klub masing-masing. Waktu kosong ada di FIFA Matchday pada 18-26 Maret 2024.

Setelah pengambilan sumpah sebagai WNI masih ada proses lagi. PSSI harus mengajukan perpindahan status kedua pemain dari federasi sepak bola Belanda ke Indonesia di FIFA.

error: Content is protected !!