Kriteria tinggi pemain Timnas U17 di beberapa posisi

Foto: PSSI

Pelatih Timnas Indonesia U17 Nova Arianto ingin pemain-pemain yang dia bina ke depannya bisa membantu Indonesia bisa bersaing di level Asia.

Karena itu, Nova Arianto memiliki beberapa kriteria untuk pemain yang akan menjadi bagian dari Timnas U17. Salah satu kriteria dari fisik adalah tinggi badan minimal 175 cm untuk posisi tertentu.

“Kriteria yang pasti tinggi badan ya, karena sekali lagi kalau saya ingin bermain di level Asia, tinggi badan menjadi hal yang sangat utama, terutama kalau pemain belakang, kiper, dan striker saya harapkan memiliki postur di atas 175 cm,” kata Nova Arianto di laman pssi.org.

Sebagai asisten pelatih Timnas senior, Nova Arianto melihat sendiri bagaimana sulitnya pemain Timnas saat menghadapi lawan-lawan dengan fisik tinggi besar pada Piala Asia AFC 2023 lalu.

“Terakhir, di Piala Asia kemarin, saat kita melawan Australia, bertemu pemain yang tingginya dua meter pun agak kesulitan. Jadi, tinggi badan menjadi salah satu poin penting di sini, tetapi saya masih melihat ada beberapa posisi yang mungkin nggak terlalu difokuskan,” tuturnya.

Nova Arianto sedang memimpin pembentukan Timnas U17 yang akan tampil di Piala AFF U16 2024 dan Kualifikasi Piala Asia AFC U17 2025.

error: Content is protected !!