Kata PSSI kenaikan dalam peringkat FIFA menunjukkan program Timnas di jalur tepat

Foto: PSSI

Ketua Umum PSSI, Erick Thohir, menyebut kenaikan peringkat Timnas Indonesia dalam ranking FIFA menunjukkan bahwa program untuk Timnas berada di jalur yang tepat.

Dalam ranking FIFA edisi Februari 2024 Indonesia berada di peringkat 142. Sebelumnya pada ranking FIFA edisi Desember 2023 Indonesia menempati posisi 146.

“Alhamdulillah, posisi 142 di FIFA tak hanya tertinggi dalam lima tahun terakhir, tapi juga dalam setahun ini. Meski target saya tetap segera mungkin bisa tembus 100 dunia, ini sebuah proses yang membuktikan program yang kami lakukan di PSSI, terutama dalam menyiapkan Timnas yang kompetitif dan berkualitas, sudah on the track,” ujar Erick Thohir dikutip dari laman pssi.org.

Dua hal penting yang belakangan dilakukan PSSI kepada Timnas adalah melakukan naturalisasi pemain berdarah Indonesia yang berada di Eropa dan mengadakan pertandingan-pertandingan uji coba melawan negara-negara berperingkat lebih baik saat FIFA Matchday.

Foto: AFC

Selama tahun 2023, PSSI menaturalisasi enam pemain untuk bisa memperkuat Timnas, yakni Shayne Pattynama, Ivar Jenner, Rafael Struick, Justin Hubner, Jay Idzes, dan Nathan Tjoe-A-On. Dua nama terakhir belum bermain untuk Timnas dan baru Jay Idzes yang sudah berstatus WNI.

Pada tahun 2023 dan Januari 2024, Timnas memainkan enam pertandingan persahabatan resmi FIFA. Timnas melawan Burundi (3-1 dan 2-2), Palestina (0-0), Argentina (0-2), Turkmenistan (2-0), dan Libya (1-2).

Timnas juga memainkan dua pertandingan tidak resmi melawan Libya (0-4) dan Iran (0-5). Selain itu Timnas juga bermain di Kualifikasi Piala Dunia 2026 melawan Brunei (6-0 dan 6-0), Irak (1-5), dan Filipina (1-1) serta tampil di Piala Asia AFC 2023 melawan Irak (1-3), Vietnam (1-0), Jepang (1-3), dan Australia (0-4).

error: Content is protected !!