Cerita singkat tiga pertemuan terakhir Timnas melawan Australia

Pemain Timnas Ismed Sofyan setelah laga Kualifikasi Piala Asia AFC 2011 melawan Australia di Brisbane pada 3 Maret 2010. Foto: Tangkapan layar Youtube

Timnas Indonesia mencatat hasil sekali seri dan dua kali kalah dalam tiga pertemuan terakhir melawan Australia. Berikut catatan singkat dari tiga duel terakhir.

3 Maret 2010
Australia vs Indonesia 1-0
Kualifikasi Piala Asia AFC 2011 – Suncorp Stadium – Brisbane

Pertandingan terakhir Indonesia di Grup B Kualifikasi Piala Asia AFC 2011 ini sudah tidak berpengaruh bagi Timnas. Skuad Garuda sudah pasti gagal ke putaran final.

Timnas tetap membawa skuad terbaik ke Brisbane. Australia tanpa seluruh pemain terbaiknya seperti Tim Cahill, Mark Schwarzer, dan Harry Kewell, tapi tetap lebih kuat dari Timnas dan menang 1-0 berkat gol Mark Milligan di menit 42.

Pertandingan ini kemudian menjadi yang terakhir bagi Benny Dollo di periode kedua sebagai pelatih Timnas. Laga ini ternyata juga menjadi penampilan terakhir bersama Timnas di laga internasional bagi Charis Yulianto dan Budi Sudarsono.

Pemain Timnas: Markus Horison; Ismed Sofyan, Maman Abdurahman, Charis Yulianto, Nova Arianto, M. Ridwan, Ponaryo Astaman, Syamsul Chaeruddin (Hariono 58’), Firman Utina (Eka Ramdani 59’), Budi Sudarsono (Arif Suyono 83’), Bambang Pamungkas.

28 Januari 2009
Indonesia vs Australia 0-0
Kualifikasi Piala Asia AFC 2011 – Stadion Utama GBK Jakarta

Timnas gagal memaksimalkan tidak tampilnya bintang-bintang klub Eropa di kubu Australia. Waktu itu laga Kualifikasi Piala Asia masih bentrok dengan jadwal klub-klub di Eropa.

Timnas memperoleh peluang dari tembakan Firman Utina dan T.A. Musafri serta sundulan Budi Sudarsono. The Socceroos juga memiliki peluang, tapi digagalkan kiper Markus Horison.

Pemain Timnas: Markus Horison; Ricardo Salampessy, Maman Abdurahman, Charis Yulianto, Isnan Ali, Ponaryo Astaman, Hariono, Firman Utina, Boaz Solossa (Bambang Pamungkas 71’), Budi Sudarsono (Erol Iba 83’), T.A. Musafri (Elie Aiboy 64’).

29 Maret 2005
Australia vs Indonesia 3-0
Pertandingan persahabatan – Subiaco Oval Perth

Pertandingan ini menjadi laga amal untuk korban Tsunami Aceh. Pemain-pemain utama Australia tampil, seperti Tony Vidmar dan Stan Lazaridis.

Timnas asuhan Peter Withe yang sebelumnya menjadi runner-up Piala AFF 2004 kalah kelas. Australia mencetak tiga gol melalui Ante Milicic, bunuh diri Hamka Hamzah, dan David Zdrilic.

Pemain Timnas: Hendro Kartiko; Ismed Sofyan (Jack Komboy 82’), Ortizan Solossa (Mahyadi Panggabean 62’), Firmansyah, Mauli Lessy (Zaenal Arif 89’), Hamka Hamzah, Ponaryo Astaman, Syamsul Chaeruddin, Agus Indra (Christian Warobay), Firman Utina (Jimmy Suparno 62’), Ilham Jaya Kesuma (Kurniawan Dwi Yulianto 14’).

error: Content is protected !!