Sandy Walsh bicara mengenai posisi bermainnya di Timnas

Sandy Walsh bermain penuh sebagai bek tengah di pertandingan Piala Asia AFC 2023 melawan Vietnam di Stadion Abdullah bin Khalifa Doha Qatar (19/1/2024). Foto: AFC

Sandy Walsh selalu tampil dalam dua pertandingan awal Timnas di Piala Asia AFC 2023, tapi dia tidak bermain di posisinya saat memperkuat klub.

Sandy Walsh adalah bek kanan dan bek sayap kanan utama KV Mechelen. Dia bermain 19 kali di posisi tersebut dalam 21 laga klub di Liga Belgia musim 2023-2024 sampai 19 Januari 2024.

Selama Piala Asia AFC 2023 di Qatar pelatih Timnas Shin Tae-yong tampaknya ingin memanfaatkan kemampuan Sandy Walsh di posisi lain. Pemain kelahiran 14 Maret 1995 itu dimainkan di posisi bek tengah sisi kanan.

Sandy Walsh sebelum latihan Timnas di Al Egla Lusail Qatar (23/1/2024). Foto: Kamustimnas.com

Pada pertandingan pertama melawan Irak (15/1/2024), Sandy Walsh bermain di posisi tersebut saat menggantikan Rizky Ridho di menit 88. Di laga kedua melawan Vietnam (19/1/2024) dia bermain penuh di posisi tersebut.

Sandy Walsh mengaku tidak ada masalah bermain di posisi bek tengah. Apalagi dia dulu pernah bermain di posisi tersebut. Dia siap bermain di posisi apa pun demi Timnas.

Sandy Walsh starter di pertandingan melawan Vietnam (19/1/2023). Foto: AFC

“Saya sebelumnya pernah bermain di posisi tersebut (bek tengah). Jadi, itu bukan sesuatu yang baru, saya nyaman bermain di banyak posisi,” kata Sandy Walsh sebelum latihan Timnas di Lapangan Al Egla 2 Lusail Qatar pada Selasa (23/1/2024).

“Saya berada di sini untuk membantu tim, seperti yang sudah sering saya katakan, jadi di posisi mana pun saya harus bermain untuk membantu tim, saya akan melakukannya. Saya akan melakukannya sebaik yang saya bisa untuk mendapatkan hasil yang kami inginkan, target yang ingin kami capai. Jadi, di mana pun posisinya saya selalu siap untuk membantu Timnas,” ujar Sandy Walsh.

Bermain sebagai bek sayap kanan saat lawan Filipina (21/11/2023) Foto: Kamustimnas

Bersama Timnas Indonesia, Sandy Walsh memang telah bermain di beberapa posisi. selain sebagai bek tengah, dia juga sudah bermain di posisi bek sayap kanan (Vs Brunei dan Filipina) dan gelandang tengah (Vs Brunei).

Dalam dua pertandingan pertama Timnas di Piala Asia AFC 2023, Sandy Walsh telah melakukan satu intersep dan empat pelanggaran. Dari segi ofensif, dia melepas tiga tembakan dengan dua di antaranya tepat sasaran.

error: Content is protected !!