Kisah singkat tiga pertemuan terakhir Timnas senior melawan Jepang

Pertahanan Timnas Indonesia (jersey putih) saat akan menghadapi sepak pojok Jepang dalam duel Kualifikasi Piala Dunia 1990 di Stadion Nishigaoka Tokyo Jepang pada 11 Juni 1989. Foto: Youtube

Timnas senior kembali bertemu Jepang setelah terakhir kali pada tahun 1989. Berikut tiga pertemuan terakhir skuad Garuda melawan Samurai Biru.

11 Juni 1989
Jepang vs Indonesia 5-0
Stadion Nishigaoka Tokyo – Kualifikasi Piala Dunia 1990

Pertandingan keempat Timnas di Kualifikasi Piala Dunia 1990. Sebelumnya tim asuhan pelatih M. Basri seri tiga kali. Akhirnya kekalahan dialami dari Jepang dan dengan skor telak.

Pertandingan berlangsung pada Minggu siang waktu Tokyo, masih pagi di Indonesia. Pertandingan disiarkan langsung oleh TVRI. Lapangan Nishigaoka becek, tapi ini bukan alasan.

Jepang bermain lebih baik. Indonesia tertekan dan kesulitan mengembangkan permainan. Timnas sudah tertinggal 4-0 di 24 menit pertama laga.

Susunan pemain Timnas: Eddy Harto (kiper), Hamdani Lubis, Herry Kiswanto, Robby Darwis, Jaya Hartono, Maman Suryaman (Harry Susanto), Azhary Rangkuty, Jessie Mustamu, I Made Pasek Wijaya, Agusman Riyadi (Mustaqim), Ricky Yacobi

28 Mei 1989
Indonesia vs Jepang 0-0
Stadion Utama Gelora Bung Karno Jakarta – Kualifikasi Piala Dunia 1990

Ini pertandingan kedua Timnas di babak kualifikasi menuju Italia 1990. Sebelumnya juga di Stadion Utama GBK, Timnas bermain imbang 0-0 melawan Korea Utara.

Antusiasme masyarakat untuk menonton tetap besar, meski di Istora Senayan ada final kejuaraan bulutangkis Piala Sudirman. Sekitar 80 ribu penonton menyaksikan laga ini.

Sayang Timnas gagal memanfaatkan beberapa peluang. Timnas kembali mendapat hasil imbang 0-0.

Susunan pemain Timnas: Eddy Harto (Kiper), Hamdani Lubis, Herry Kiswanto, Robby Darwis, Jaya Hartono, Maman Suryaman, Azhary Rangkuti, Rully Nere, I Made Pasek Wijaya, Mustaqim, Ricky Yacobi.

26 Juni 1987
Indonesia vs Jepang 1-2
Stadion Utama Gelora Bung Karno Jakarta – Kualifikasi Olimpiade 1988

Pertandingan ini tidak dimasukan sebagai laga resmi FIFA, tetapi yang jelas Indonesia menampilkan Timnas senior asuhan pelatih Bertje Matulapelwa yang disiapkan untuk SEA Games 1987.

Ini pertandingan terakhir di Kualifikasi Olimpiade 1988. Sebelumnya Herry Kiswanto dkk. kalah 0-2 dari Singapura, 0-3 dari Jepang, dan menang 2-1 atas Singapura.

Penyerang Ricky Yacobi membawa Timnas unggul 1-0 di menit 49 melalui serangan solo yang luar biasa. Dia melewati beberapa pemain Jepang. Namun setelah itu fisik Timnas menurun dan kemasukan dua gol.

Susunan pemain Timnas: Ponirin Meka (kiper), Muhammad Yunus, Marzuki Nyakmad, Frengky Weno, Jaya Hartono, Herry Kiswanto, Azhary Rangkuty, Rully Nere (Syaiful Amri), Ribut Waidi, Ricky Yacobi, Nasrul Kotto.

error: Content is protected !!