Catatan pertemuan Timnas melawan Vietnam di Timur Tengah

Asnawi Mangkualam cs. saat melawan Vietnam dalam laga Kualifikasi Piala Dunia 2022 di Dubai UEA pada 7 Juni 2021. Timnas kalah 0-4. Foto: AFC

Timnas Indonesia sering bertemu Vietnam. Duel kedua negara tidak hanya di wilayah Asia Tenggara, tapi juga di Timur Tengah, termasuk di Qatar. Berikut catatan pertemuannya.

16 April 1993
Vietnam vs Indonesia 1-0
Khalifa International Stadium – Doha Qatar – Kualifikasi Piala Dunia 1994

Vietnam menjadi lawan ketiga Timnas di putaran pertama Grup C Kualifikasi Piala Dunia 1994 yang berlangsung di Qatar. Sebeumnya Sudirman dkk. kalah 1-3 dari tuan rumah dan menyerah 0-4 dari Korea Utara.

Hasil negatif Timnas berlanjut. Tim asuhan pelatih Ivan Toplak kalah 0-1 dari Vietnam. Gol dicetak oleh Ha Vuong Ngau Nai pada menit ke-61. Pada putaran kedua di Singapura, Timnas membalas dengan menang 2-1.

Berikut pemain yang tampil melawan Vietnam di Qatar: Donny Latuperissa (kiper); Agung Setyabudi, Roby Darwis (Herrie Setyawan), Sudirman, Bonggo Pribadi, Rahmad Darmawan; Dominggus Nowenik, Fakhri Husaini, Putut Wijanarko; Alexander Saununu (I Made Pasek Wijaya), Singgih Pitono.

7 Juni 2021
Vietnam vs Indonesia 4-0
Ali Maktoum Stadium – Dubai Uni Emirat Arab – Kualifikasi Piala Dunia 2022

Pandemi Covid-19 sempat menghentikan Kualifikasi Piala Dunia 2022. Kompetisi berputar lagi dengan sistem turnamen dan unutk Grup G berlangsung di Dubai UEA.

Pertandingan melawan Vietnam menjadi laga keempat Shin Tae-yong sebagai pelatih Timnas. Hasilnya masih buruk. Setelah kalah 2-3 dari Afghanistan dan 1-3 dari Oman dalam laga persahabatan, serta imbang 2-2 lawan Thailand di Kualifikasi, Timnas kemudian menyerah 0-4 dari Vietnam asuhan Park Hang-seo.

Beberapa pemain yang tampil di Dubai pada 2021 masih berada di skuad Piala Asia AFC 2023. Susunan pemain Timnas: Nadeo Argawinata (kiper); Asnawi Mangkualam, Rizky Ridho, Arif Satria, Pratama Arhan; Rachmat Irianto (Kadek Agung), Syahrian Abimanyu (Saddam Gaffar), Yakob Sayuri (Egy Maulana), Evan Dimas, Osvaldo Haay (Witan Sulaeman); Kushedya Yudo (M. Rafli)

error: Content is protected !!