Pratama Arhan ingin memberi yang lebih baik untuk Timnas

Pratama Arhan dalam pertandingan Timnas melawan Libya di Antalya (5/1/2024). Foto: pssi

Pratama Arhan menjadi pemain dengan jumlah penampilan terbanyak bersama Timnas senior di antara anggota skuad Indonesia ke Piala Asia AFC 2023.

Laman pssi.org menyebut Pratama Arhan bermain 38 kali sampai 12 Januari 2024. Sumber lain, seperti www.national-football-teams.com menyebut mantan pemain Tokyo Verdy itu bermain 39 kali bersama Timnas.

Belum diketahui pasti laga mana yang membuat ada selisih satu caps. Kemungkinan besar pertandingan tidak resmi melawan Afghanistan di Dubai pada 25 Mei 2021. Terlepas dari laga yang mana, Pratama Arhan sekarang menjadi pemain dengan caps terbanyak di skuad Timnas Piala Asia AFC 2023.

Pratama Arhan sangat bersyukur sering mendapat kesempatan tampil dari pelatih Shin Tae-yong. Bek kiri asal Blora Jawa Tengah ini bertekad untuk selalu memberi yang lebih baik lagi untuk Timnas.

Pratama Arhan bersama skuad Timnas dalam latihan di Al Egla Lusail Qatar (12/1/2024) menjelang Piala Asia AFC 2023. Foto: Kamustimnas.com

“Alhamdulillah, coach Shin (Tae-yong) kasih kepercayaan ke saya, jadi saya harus bisa kasih yang terbaik juga untuk Timnas Indonesia. Saya harus lebih kerja keras untuk kasih hasil terbaik untuk Indonesia,” kata Pratama Arhan pada Jumat (12/1), dikutip dari pssi.org.

Pratama Arhan selalu tampil sebagai pemain sebelas pertama dalam tiga uji coba Timnas menuju Piala Asia AFC 2023, melawan Libya (0-4 dan 1-2) dan Iran (0-5). Dia merasa sudah siap tampil di turnamen terbesar di Asia.

“Persiapan saya pribadi sangat baik, terus kondisi saya juga sangat baik sekarang. Saya juga akan ikuti instruksi dari coach Shin Tae-yong,” tutur pemain binaan Akademi Terang Bangsa Semarang dan PSIS ini.

“Kami melakukan persiapan untuk Piala Asia juga dengan sangat baik, semoga di pertandingan nanti kami bisa menghasilkan yang terbaik. Lalu, kendala pasti ada. Jadi kita perbaiki satu per satu kendala itu,” tuturnya.

Foto: pssi

Pratama Arhan masih muda. Kariernya berpotensi lama di Timnas, selama dia mampu menjaga dan meningkatkan performanya.

Kita tunggu apakah dia bisa masuk kelompok pemain dengan 50 caps Timnas dan bahkan menjadi pemain dengan penampilan terbanyak sepanjang sejarah Timnas Indonesia.

Berdasarkan FIFA Century Club yang diliris FIFA pada Desember 2021, rekor Indonesia dipegang penyerang sayap kiri tahun 1967-1979 Abdul Kadir dengan 111 penampilan.

error: Content is protected !!