Rachmat Irianto cedera, padahal dia berperan besar membawa Timnas ke Piala Asia

Rachmat Irianto di Stadion Rizal Memorial Manila Filipina (21/11/2023). Foto: Kamustimnas.com

Rachmat Irianto absen dari pemusatan latihan (TC) Timnas senior Indonesia persiapan Piala Asia AFC 2023.

Rachmat Irianto mengalami cedera saat tampil bersama Persib di pertandingan Liga 1. Ketua Badan Tim Nasional Sumardji mengatakan bahwa Rachmat Irianto dicoret dari skuad Timnas untuk TC di Turki pada 21 Desember 2023-6 Januari 2024.

Ketidakhadiran Rachmat Irianto jelas sebuah kerugian. Pemain kelahiran Surabaya ini bisa bermain di beberapa posisi. Pelatih Timnas Shin Tae-yong pun sudah memanfaatkan Rachmat Irianto di beberapa posisi.

Rachmat Irianto biasanya bermain di posisi bek tengah dan gelandang bertahan. Dia juga bisa bermain baik sebagai bek sayap.

Satu penampilan Rachmat Irianto yang sulit kita lupakan bersama Timnas senior adalah ketika dia bermain sebagai bek sayap kanan. Itu terjadi di pertandingan Kualifikasi Piala Asia AFC 2023 melawan tuan rumah Kuwait (8/6/2022).

Rachmat Irianto setelah mencetak gol 2-1 ke gawang Kuwait (8/6/2022). Foto: PSSI

Rachmat Irianto berperan besar dalam semua gol kemenangan 2-1 Timnas atas Kuwait. Aksinya menerobos kotak penalti membuat kiper lawan melakukan pelanggaran. Penalti sukses dieksekusi Marc Klok. Skor 1-1.

Di awal babak kedua, Rachmat Irianto mencetak gol yang membuat Timnas unggul. Timnas menang 2-1. Dapat disebut Rachmat Irianto berperan besar mengantar Indonesia kembali tampil di Piala Asia AFC, setelah terakhir kali pada tahun 2007.

Pada pertandingan tersebut, Rachmat Irianto pindah ke posisi bek kiri ketika Asnawi Mangkualam masuk ke lapangan di menit ke-84. Timnas mampu bertahan dengan baik dan menjaga keunggulan 2-1 sampai akhir laga.

Sampai November 2023, Rachmat Irianto sudah bermain 30 kali bersama Timnas senior. Pemain kelahiran 3 September 1999 ini mencetak tiga gol dan empat assist.

error: Content is protected !!