Sejarah – Tentang gol Zulham Effendi untuk Timnas Indonesia ke gawang Australia

Zulham Effendi (kiri) dalam pertandingan Timnas Indonesia melawan Fiji pada 31 Mei 1981 di Suva Fiji. Foto: Majalah FourFourTwo Indonesia

Gelandang Zulham Effendi Harahap tercatat mencetak tiga gol untuk Timnas Indonesia pada tahun 1980. Salah satunya ke gawang tim nasional Australia.

Pada Minggu malam 7 Desember 1980, tim PSSI Utama, sebutan untuk Timnas senior kala itu, menjalani laga persahabatan melawan tim nasional Australia. Pertandingan berlangsung di Stadion Utama Gelora Bung Karno Jakarta.

PSSI Utama asuhan pelatih Harry Tjong sedang dipersiapkan untuk tampil di Kualifikasi Piala Dunia 1982. PSSI Utama juga akan tampil di SEA Games pada Desember 1981 di Manila Filipina.

Tim nasional Australia baru saja menjalani tur ke Eropa dan Asia Timur. Sebelum datang ke Jakarta, The Socceroos antara lain bermain melawan tuan rumah Yunani (3-3), Israel (1-0), dan Hong Kong (0-1).

Foto: Harian Kompas edisi 8 Desember 1980

Dikutip dari laporan pertandingan di Harian Kompas edisi 8 Desember 1980, PSSI Utama langsung menekan di awal pertandingan melawan Australia.

Menit ke-3, pemain PSSI Utama berhasil mengintersep bola dari pemain Australia di kotak penalti setelah serangan Hadi Ismanto dihadang pemain The Socceroos.

Bola intersep jatuh ke penguasaan penyerang Bambang Nurdiansyah yang berada di kotak penalti. Bambang Nurdiansyah langsung menembak bola, tapi berhasil ditepis kiper Allan Maher.

Foto: Majalah Olympic

Sepak pojok untuk PSSI Utama. Bek kanan Simson Rumahpasal mengambil sepak pojok. Dia melepas bola pendek kepada Berti Tutuarima yang kemudian memberikan bola kepada Zulham Effendi di wilayah tengah permainan Australia.

Zulham Effendi mengontrol bola dan berhasil lepas dari kawalan pemain lawan. Dari dekat kotak penalti, gelandang asal Sumatera Utara ini melapas tembakan silang ke arah tiang jauh. Bola masuk di gawang Allan Maher, salah satu kiper Australia di skuad Piala Dunia 1974.

Sayang keunggulan 1-0 PSSI Utama tidak bertahan lama. Menit ke-13 Australia menyamakan kedudukan melalui tendangan Tony Henderson di depan gawang Poerwono setelah sebelumnya The Socceroos memainkan dua operan sundulan dari umpan sepak pojok.

Pertandingan akhirnya berakhir imbang 1-1. Lihat data fakta pertandingannya di sini.

Foto: Majalah FourFourTwo Indonesia

Kembali ke soal Zulham Effendi. Satu pekan sebelum pertandingan melawan Australia, gelandang PSMS Medan ini mencetak salah satu gol kemenangan 4-0 Timnas asal Hong Kong di Senayan.

Sejauh ini, berdasarkan riset Kamustimnas.com, Zulham Effendi tercatat bermain setidaknya 12 kali bersama Timnas senior Indonesia di pertandingan internasional (antar negara) dan mencetak tiga gol pada periode 1980-1981.

Klik di sini untuk melihat data-fakta Zulham Effendi bersama Timnas Indonesia.

error: Content is protected !!