Shin Tae-yong percaya Timnas punya peluang bagus lolos ke babak III Kualifikasi Piala Dunia

Shin Tae-yong dalam konferensi pers menjelang pertandingan melawan Brunei di Jakarta pada Oktober 2023. Foto: Kamustimnas

Pelatih Timnas Indonesia, Shin Tae-yong, percaya skuad Garuda memiliki peluang yang bagus untuk maju ke babak III Kualifikasi Piala Dunia 2026.

Indonesia akan tampil di babak II Kualifikasi Piala Dunia 2026 pada 16 November 2023-11 Juni 2004. Timnas berada di Grup F bersama Irak, Vietnam, dan Filipina. Juara dan runner-up grup maju ke babak III.

Meski memiliki peringkat FIFA paling rendah di antara sesama peserta Grup F, Shin Tae-yong yakin Timnas bisa masuk dua besar klasemen akhir. Dalam ranking FIFA Oktober 2023, Indonesia di peringkat 145, sementara Irak 68, Vietnam 94, dan Filipina 138.

“Harapan saya kami bisa melaju ke babak final kualifikasi. Kami percaya bahwa kemungkinannya sekitar 70 hingga 80 persen,” kata Shin Tae-yong dikutip dari Besteleven.com.

Babak final atau babak III kualifikasi adalah fase yang mulai memperebutkan tiket Piala Dunia 2026. Babak III akan dimulai pada September 2024. Sebanyak 18 negara dibagi dalam tiga grup yang masing-masing berisi enam tim.

Juara dan runner-up dari tiga grup lolos ke putaran final Piala Dunia 2026 di Amerika Serikat, Meksiko, dan Kanada. Sementara peringkat tiga dan empat grup maju ke babak empat kualifikasi untuk memperebutkan dua tiket ke Piala Dunia 2026. Setelah itu, peringkat tiga di babak empat kualifikasi akan menjalani play-off melawan tim dari konfederasi lain.

Dengan skema tersebut Shin Tae-yong percaya diri membawa Timnas dalam menjajal kompetisi meraih tiket ke Piala Dunia 2026.

error: Content is protected !!