Komentar Bima Sakti mengenai pemain klub luar negeri yang latihan bersama Timnas U17

Welber Jardim dalam sesi latihan Timnas U17 di Stadion Utama GBK Senayan Jakarta pada Senin (30/10/2023). Foto: Kamustimnas

Pelatih kepala Timnas Indonesia U17 Bima Sakti memberikan komentar mengenai tiga pemain asal klub luar negeri yang mengikuti latihan skuad Garuda Muda di Jerman.

Dalam pemusatan latihan di Jerman pada 18 September sampai 23 Oktober 2023 lalu, ada pemain-pemain klub Eropa dan Amerika Selatan yang bergabung bersama Timnas U17.

Ada tiga pemain yang namanya diumumkan PSSI, yakni Welber Jardim (Sao Paulo U17 Brasil), Amar Brkic (Hoffenheim U17 Jerman), dan Chow Yun Damanik (Laussane U17 Swiss).

Dua nama yang disebut pertama akan membela Indonesia di Piala Dunia FIFA U17, sementara Chow Yun Damanik gagal karena belum memiliki paspor Indonesia.

Pelatih Bima Sakti menyebut ketiga pemain memiliki kualitas sangat baik. Mereka benar-benar pemain binaan di Brasil, Jerman, dan Swiss. Karena itulah mereka dipanggil mengikuti TC Timnas U17.

“Pemain-pemain yang kita ambil ini memang pemain-pemain yang dari bawah, seperti Welber dari sekolah sepak bola di Brasil kemudian diambil Sao Paulo. Kemudian Amar, dia di Hoffenheim, dia dikontrak dan mendapat gaji. Chow juga begitu, dia di Lausanne U17). Mereka memang benar-benar dipantau dari tim scouting klub. Jadi bukan, mohon maaf ya, sekolah di sana, bayar kemudian seleksi,” ujar Bima Sakti di Stadion Utama Gelora Bung Karno Jakarta pada Senin pagi (30/10/2023).

Khusus untuk Chow Yun Damanik yang gagal tampil di Piala Dunia FIFA U17, Bima Sakti berharap gelandang yang memiliki ibu asal Sumatera Utara itu bisa membela Timnas Indonesia di kelompok berikutnya, seperti U20.

“Dia bagus banget,” kata Bima Sakti mengenai Chow Yun Damanik.

error: Content is protected !!